Sitaro Sulawesi Utara

Kesbangpol Sitaro Sulawesi Utara Gencarkan Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Pihak Kesbangpol Sitaro Sulawesi Utara Gencarkan Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula, Sasar Pelajar SMA/SMK.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
HO
Sosialisasi yang digelar Kesbangpol Sitaro di SMK Negeri 1 Siau Timur Selatan, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Tingginya angka artisipasi pemilih pemula dalam hajatan Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi salah satu kunci sebuah pesta demokrasi.

Untuk itu, diperlukan sosialisasi dan edukasi bagi para pelajar, khususnya yang sedang mengenyam pendidikan di bangku SMA dan SMK yang masuk kategori pemilih pemula.

Langkah inilah yang kini dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang gencar melakukan sosialisasi di seluruh SMA dan SMK se-Sitaro.

Kepala Badan Kesbangpol Sitaro, Jacson Baginda mengatakan, pelaksanaan sosialisasi bagi pemilih pemula menjadi program rutin pemerintah daerah jelang pelaksanaan Pemilu.

"Seperti saat ini, kita sedang dalam persiapan menjelang Pemilu 2024. Makanya kami telah memprogramkan ini (sosialisasi pemilih pemula)," kata Baginda, Jumat (26/8/2022).

Dalam rencana kerja Kesbangpol, Baginda bilang pihaknya mengagendakan pelaksanaan sosialisasi dan edukasi di 11 SMA dan SMK yang tersebar di seluruh wilayah Sitaro.

"Sudah sembilan sekolah yang kami datangi untuk sosialisasi. Masih ada dua sekolah, yakni di Pulau Makalehi dan Pulau Biaro.

Rencananya akan dilaksanakan minggu depan," ungkapnya.

Ia berharap, sosialisasi tersebut dapat meningkatkan angka partisipasi pemilih pemula pada pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

"Selain dari internal Kesbangpol, kami juga melibatkan Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara untuk menjadi pemateri dalam sosialisasi," kunci Baginda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved