Minsel Sulawesi Utara

Meskipun Terlambat, Warga Malola Minsel Sulawesi Utara Apresiasi Damkar di Lokasi Kebakaran

Meskipun truck damkar Pemkab Minsel terlambat tiba di lokasi kebakaran yang terjadi di desa Malola Satu Kecamatan Kumelembuai tapi masyarakat

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
Isak/Tribun Manado
Truk Damkar memadamkan api di lokasi kebakaran di Desa Malola Satu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Meskipun truck damkar Pemkab Minsel terlambat tiba di lokasi kebakaran yang terjadi di desa Malola Satu Kecamatan Kumelembuai tapi masyarakat tetap apresiasi pemerintah.

"Kehadiran truck damkar tentu sangat membantu warga dalam memadamkan api, meskipun secara keseluruhan api sudah dapat dipadamkan secara gotong royong oleh masyarakat Malola Raya namun masih ada bara yang tersisa yang mungkin tidak mati waktu disiram secara manual oleh warga dan itu bisa membahayakan, " ujar Frans Liow mantan Hukum Tua desa Malola Satu.

Dia mengatakan kalau masyarakat juga dapat memahami kondisi jalan dan lokasi damkar yang jauh dari tempat kejadian.

"Memang perlu waktu yang cukup lama untuk sampai di lokasi kejadian, selain jaraknya jauh jalan disini juga sempit sehingga damkar terlambat, " kata Frans.

Kepala dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Minahasa Selatan Nixon Mukuan membenarkan keterlambatan tim damkar saat kejadian kebakaran di Desa Malola Satu.

"Kami mendapat informasi soal kebakaran yang terjadi di desa Malola Satu baru pukul 16.40 wita dan langsung bergegas kesana hanya memang jarak yang jauh jadi waktu tersita di perjalanan," ujar Nixon.

Mengingat jarak tempuh serta kondisi jalan yang akan dilalui sempat membuat takut para petugas damkar takut untuk ke lokasi kejadian kebakaran.

"Sempat takut karena mobil dengan muatan berat yakni 4 kubik air akan melewati tanjakan yang cukup terjal di Desa Kumelembuai namun apapun yang terjadi damkar harus sampai lokasi, jadi sekalipun dengan ekstra hati-hati bersyukur bisa sampai ke lokasi kejadian, " kata Nixon.

Dengan segala pertimbangan Nixon menggunakan truck damkar yang baru.

"Untuk ke lokasi kejadian tidak mungkin menggunakan kendaraan damkar yang lama, jadi kami berkoordinasi dengan PPK untuk pakai damkar yang baru dan mendapat ijin dengan alasan situasi emergency, " jelas Nixon

Atas apresiasi warga yang disampaikan ke dinas Damkar Nixon berterimakasih.

Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran yang menghanguskan dua unit rumah di desa Malola Satu jaga V Kecamatan Kumelembuai.

Dugaan sementara kebakatan terjadi karena adanya hubungan pendek listrik. (Isak)

Baca juga: Pantas Ferdy Sambo Terlihat Santai Saat Hadiri Sidang Kode Etik, Ini Penjelasan pakar Ekspresi

Baca juga: Polda Sulawesi Utara Tangkap 2 Orang Terkait Kasus Penimbunan BBM Solar Bersubsidi, Ini Kronologinya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved