Sitaro Sulawesi Utara

Bahan Pokok dan Bumbu Dapur di Sitaro Sulawesi Utara Merangkak Naik, Telur Capai Rp 63.000 per Baki

Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok dan bumbu dapur di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Aktivitas jual beli di Pasar Ulu Siau 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kenaikan harga bahan kebutuhan pokok dan bumbu dapur di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kembali terjadi.

Pantauan wartawan di Pasar Ampera Ulu Siau terlihat beberapa jenis bapok dan bumbu dapur yang mengalami kenaikan sejak pekan lalu.

Mulai dari beberapa jenis Beras Premium, Mentega, Telur, Kacang Tanah hingga Cabe terpantau mengalami kenaikan harga.

Untuk Beras Premium terjadi peningkatan harga kisaran Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per kilogram, Mentega naik Rp 2.000 per kilogram, Telur naik Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per baki.

Dimana harga jual telur sebelumnya dibandrol Rp 58.000 per baki kini melonjak antara Rp 61.000 hingga Rp 63.000 per baki.

"Mulai minggu ini harga Telur naik. Untuk stok memang masih ada, tapi harga dari distributor memang naik, makanya kami menyesuaikan dengan harga ambilan," kata Uto, seorang pedagang Bahan Pokok.

Khusus untuk bumbu dapur, kenaikan harga hanya terjadi pada Cabe yang sebelumnya dijual Rp 70.000 hingga Rp 80.000 kini naik menjadi Rp 85.000 per kilogram.

Kenaikan harga bahan pokok dan bumbu dapur ini pun menuai keluhan di masyarakat khususnya mereka yang berprofesi sebagai pedagang kue.

"Apalagi harga Telur, sangat terasa kenaikan harganya. Ini bisa berdampak pada usaha penjualan kue karena Telur menjadi salah satu bahan utama," beber Isye.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Sitaro, Junaedy Sasela membenarkan adanya kenaikan harga bapok maupun bumbu dapur.

"Yang paling siginifikan ini harga Telur. Makanya kami terus melakukan monitoring di setiap pedagang bahan pokok," ujar Sasela sembari menyatakan bakal berkoordinasi dengan pihak distributor. (HER)

Baca juga: BREAKING NEWS, Bupati Bolmut Depri Pontoh, Kunjungi Korban Kebakaran di Desa Sangkub

Baca juga: Doa Islam yang Seharusnya Dibaca Setelah Sholat Lohor, Umat Muslim Sering Lupa Baca padahal Penting

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved