Minahasa Sulawesi Utara

Soal Peluang Rio Dondokambey di Pilkada Minahasa, Stefanus Sampe: Perlu Banyak Tampil di Masyarakat

Soal peluang Rio Dondokambey di Pilkada Minahasa, Pengamat Politik Sulut Stefanus Sampe mengatakan setiap orang memiliki hak

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
IST
Pengamat Politik Dr Stefanus Sampe 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Soal peluang Rio Dondokambey di Pilkada Minahasa, Pengamat Politik Sulut Stefanus Sampe Ph.D mengatakan, setiap orang memiliki hak untuk ikut dalam kontestasi elektoral sejauh memenuhi syarat dan aturan yang berlaku.

Demikian juga dengan sosok Rio Dondokambey, tidak ada yang salah dan tidak ada yang menghalangi hak politik beliau untuk terjun ke dunia politik khususnya dalam pencalonan Bupati Minahasa.

Namun demikian, kata Sampe, harus diingat untuk memenangkan ajang kontestasi elektoral ini harus memperoleh "votes" atau suara terbanyak dari masyarakat pemilih.

"Untuk memperoleh suara pemilih sebanyak mungkin tentulah dipengaruhi oleh faktor-faktor pendukung mulai dari mesin partai yang digunakan, kemampuan atau popularitas kandidat untuk memobilisasi massa," jelas Sampe kepada Tribun Manado.

Bahkan, Sampai dengan sumber daya finansial yang nantinya akan mendukung semua strategi yang dijalankan.

Memang, kata Akademisi Politik dari Universitas Sam Ratulangi ini, jika dilihat dari partai yang akan mengusung, kalau dicalonkan oleh PDIP, akan lebih mumpuni.

"Mengingat PDIP adalah partai besar di Minahasa tentunya bisa menjalankan fungsi sebagai mesin politik yang efektif dalam merekrut sebanyak mungkin suara," ujarnya

Sedangkan, dari aspek kemampuan dan popularitas, Rio Dondokambey memiliki kemampuan kepemimpinan yang sudah ditempah dalam berbagai organisasi kepemudaan dan profesi di tingkat daerah dan nasional.

"Keikutsertaannya dalam Pilbup nanti akan memberikan nilai positif pada proses rekruitmen pemimpin politik di Minahasa di mana kader muda boleh terlibat di dalamnya," papar Sampe.

Namun demikian, ikhtiar untuk memperkenalkan diri ke masyarakat harus terus dilakukan apalagi kalau berhadapan dengan kompetitor-kompetitor lain yang berpengalaman dan telah dikenal masyarakat Minahasa.

"Saat seperti ini sangat penting bagi Rio untuk sosialisasi dan banyak turun bertemu dengan masyarakat, supaya bisa lebih dikenal sehingga masyarakat yakin keseriusannya untuk bertarung dalam Pilbup, menaruh harapan dan pada akhirnya mengambil keputusan untuk memenangkannya," jelas Sampe.

Selain itu, Perlu diingat juga bahwa meningkatkan popularitas sangat penting untuk memenangkan Pilbup Minahasa nanti.

"Dan untuk meningkatkan popularitas diperlukan dukungan sumber daya keuangan, tenaga dan waktu yang lebih dari cukup," pungkas Sampe. (Mjr)

Baca juga: Gempa Guncang Sukabumi Selasa 23 Agustus 2022, Guncangan di Laut, Berikut Info BMKG Magnitudonya

Baca juga: Akhirnya Terungkap 3 Poin Penting Hasil Autopsi Brigadir J, Kenapa Seperti Kata Eks Kapolres Jaksel?

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved