Sitaro Memilih

Bawaslu Sitaro Bagi Tips Cara Cek Identitas Diri Apakah Masuk Kepengurusan Parpol atau Tidak

Pencatutan nama seseorang menjadi pengurus atau anggota Partai Politik (Parpol) kini marak terjadi.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian/Tribun Manado
Anggota Bawaslu Sitaro, Hendrolds Tatengkeng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pencatutan nama seseorang menjadi pengurus atau anggota Partai Politik (Parpol) kini marak terjadi.

Hal ini terjadi menyusul berlangsungnya tahapan pendaftaran parpol sebagai calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 nanti.

Dimana dalam tahapan ini, setiap parpol wajib memasukan data pengurus dan anggota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai salah satu syarat untuk menjadi peserta pemilu.

Sayangnya, tak sedikit penggunaan indentitas diri seseorang sebagai pengurus maupun anggota parpol dilakukan dengan cara kotor atau tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.

Pola ini pun terjadi di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang banyak didapati pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sitaro.

"Sudah ada beberapa orang yang melaporkan persoalan demikian (pencatutan nama).

"Makanya kami sudah membuka posko pengaduan masyarakat yang keberatan identitas diri dimasukan dalam pengurus atau anggota parpol," kata Hendrlos Tatengkeng, Anggota Bawaslu Sitaro, Selasa (23/8/2022).

Dia pun membagikan tips bagaimana caranya seseorang mengecek identitas dirinya apakah masuk dalam kepengurusan atau anggota parpol tertentu.

Menurut Tatengkeng, saat ini sudah ada fitur khusus di website KPU untuk mengecek keanggotaan partai politik, yakni dengan cara mengunjungi website KPU: https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

"Silahkan klik alamat webside tersebut maka akan muncul tampilan yang bertuliskan cek anggota partai politik peserta pemilu," kata Tatengkeng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved