Sulut Memilih

Verifikasi Administrasi, Tujuh Parpol Baru Terdata di KPU Sitaro Sulawesi Utara

Verifikasi Administrasi, Tujuh Parpol Baru Terdata di KPU Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Tiga Komisioner KPU Sitaro Sulawesi Utara saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah membuka pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

Pada pendaftaran yang berlangsung sejak 1 Agustus hingga 14 Agustus 2022 lalu tercatat sebanyak 40 parpol yang mendaftar ke KPU RI.

Dari jumlah tersebut, 24 parpol di antaranya dinyatakan memenuhi syarat dan lanjut ke tahapan verifikasi administrasi, sedangkan 14 parpol lainnya dinyatakan tidak lolos menjadi calon peserta Pemilu.

Khusus di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) tercatat sebanyak 18 parpol calon peserta pemilu yang memiliki kepengurusan serta anggota.

Adapun parpol yang dimaksud yakni PDI Perjuangan, Partai Keadilan Persatuan, Perindo, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Seterusnya ada Partai Gerindra, PKB, Partai Republikku Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, PAN, Partai Golkar, Partai Buruh, Partai Republik, Partai Suara Rakyat Indonesia dan Partai Republik Satu.

"Berdasarkan data yang ada pada Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol.

Terdapat 18 parpol yang memiliki kepengurusan dan anggota di Kabupaten Sitaro," kata Kepala Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sitaro, Hendrik Kundimang, Senin (22/8/2022).

Dari 18 parpol yang ada, tujuh di antaranya merupakan parpol baru calon peserta pemilu yang mendaftarkan diri di KPU dan memiliki kepengurusan dan anggota di Kabupaten Sitaro.

"Untuk parpol baru di Sitaro, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Republikku Indonesia, Partai Buruh, Partai Republik, Partai Suara Rakyat Indonesia dan Partai Republik Satu," beber Kundimang.

Menurut Kundimang, pihaknya telah melakukan verifikasi administrasi terhadap kepengurusan dan anggota parpol calon peserta pemilu berdasarkan Data Sipol.

"Kan di Sipol sudah ada datanya terkait pengurus dan jumlah anggota. Jadi kita tinggal mencocokan antara data Sipol dan KTP serta KTA dari anggota," ujar Kundimang.

Proses verifikasi administrasi telah berlangsung sejak 16 Agustus hingga 29 Agustus 2022 mendatang.

Dalam rentan waktu tersebut, KPU memberikan kesempatan bagi setiap parpol untuk melakukan perbaikan adminstrasi.

"Tanggal 16 sampai 26 itu sudah harus selesai, karena di antara 16 sampai 29 Agustus ada perbaikan dari parpol yang harus dilakukan. Makanya tadi malam KPU Sitaro sudah selesai dan telah tersampaikan ke parpol," terangnya. (HER)

Hasto Kristiyanto Optimistis saat Megawati Umumkan Capres Ini yang Terjadi

Info Polisi Manado: Kapolres Talaud Siap Berantas Judi Online dan Konvensional di Perbatasan NKRI

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved