Sitaro Sulawesi Utara

Bawaslu Sitaro Sulawesi Utara Terima Pengaduan Keberatan Masyarakat

Pihak Bawaslu Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara Terima Pengaduan Keberatan Masyarakat.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Posko pengaduan masyarakat terkait penggunaan identitas diri menjadi pengurus dan anggota parpol di kantor Bawaslu Sitaro. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Proses verifikasi administrasi partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kini sedang bergulir.

Dalam tahapan ini, Komisi Pemilihan Umum atau KPU bakal mengecek berbagai hal terkait syarat menjadi parpol calon peserta pemilu, termasuk kepengurusan dan anggota parpol.

Mirisnya, dalam tahapan ini kerap ditemukan adanya parpol yang menggunakan data diri seseorang menjadi pengurus dan anggota parpol tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.

Pencatutan data diri seseorang dalam kepengurusan maupun anggota parpol tanpa persetujuan yang bersangkutan ini menjadi atensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di berbagai wilayah di Indonesia.

Salah satunya Bawaslu Sitaro yang kini membuka Posko Pengaduan Masyarakat Terhadap Penggunaan Data Diri Sebagai Pengurus/Anggota Parpol.

"Ya jadi kami telah membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang nama atau indentitasnya digunakan sebagai pengurus atau anggota parpol," kata Anggota Bawaslu Sitaro, Hendrols Tatengkeng, Senin (22/8/2022).

Pasca dibukannya Posko Pengaduan di kantor Bawaslu Sitaro di Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat, Tatengkeng bilang sudah ada dua laporan yang diterima pihak Bawaslu Sitaro.

"Sudah ada yang melapor bawah data diri mereka sudah dimasukan di dalam keanggotaan partai politik," bebernya kepada sejumlah awak media.

Menurut Tatengkeng, setelah menerima pengaduan dari masyarakat, pihak Bawaslu Sitaro bakal menempuh beberapa tahapan, mulai dari klarifikasi singkat terhadap pengadu hingga pembuatan surat pernyataan.

"Kalau memang benar-benar mereka (pengadu) tidak secara langsung menyerahkan identitasnya untuk menjadi pengurus atau anggota parpol, maka akan dibuatkan surat pernyataan," terang Tatengkeng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved