Sangihe Sulawesi Utara

41 Persen Anak di Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara Belum Kantongi KIA

Sebanyak 12.452 atau 41,44 persen anak di Sangihe belum memiliki kartu identitas anak (KIA).

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Ist
Kepala Dinas Dukcapil Sangihe Ratna Lombongadil 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Sangihe mencatat sebanyak 12.452 atau 41,44 persen anak di Sangihe belum memiliki kartu identitas anak (KIA).

"Sampai hari ini sudah 17.594 orang anak usia 0 sampai dengan 16 tahun atau 58,56 persen dari target 30.046 anak di daerah Sangihe sudah memiliki KIA, sedangkan 41,44 persen belum memiliki," kata Kepala Dinas Dukcapil Sangihe Ratna Lombongadil.

Menurut dia, realisasi pemberian KIA di Kabupaten Sangihe sudah melebihi target nasional sebanyak 40 persen.Namun demikian kata dia, Dukcapil Sangihe terus memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya keluarga yang memiliki anak usia 0 sampai 16 tahun agar mengurus kartu identitas anak.

"Kami mengajak para orang tua murid agar membawa anak mereka yang berusia 0 hingga 16 tahun untuk mendapatkan KIA. KIA itu memiliki manfaat yang sama dengan kartu tanda penduduk," ujar Ratna.

Dia juga mengatakan, untuk anak yang lahir di rumah sakit, dinas Dukcapil sudah bekerjasama dengan pihak rumah sakit sehingga langsung diterbitkan KIA.

"Kartu identitas anak usia 0 sampai 4 tahun tidak memiliki foto sehingga ketika ada anak yang lahir di rumah sakit, kami langsung terbitkan kartu identitas anak. Sedangkan untuk anak usia 5 sampai dengan 16 tahun harus memiliki foto seperti KTP-el,” tegasnya.

Dukcapil Sangihe tambah dia, terus melakukan pelayanan untuk menerbitkan dokumen kependudukan bagi warga masyarakat yang belum memiliki identitas.

"Di tengah keterbatasan dana dan tenaga, Dukcapil berupaya mengunjungi sekolah khususnya SD dan SMP di setiap kampung dan kecamatan guna melakukan perekaman KIA bagi anak usia 5 sampai 16 tahun," kunci Lombongadil. (Nel)

Baca juga: Akhirnya Deolipa Yumara Menciut Ancam Polisikan Komjen Agus, Sindir Ferdy Sambo Psikopat Ambisius

Baca juga: Rafael Leao Mulai tak Betah di Milan, Minta Naikkan Gaji, Main Buruk Lawan Atalanta

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved