Manado

Warga Manado Serbu Tempat Penukaran Uang Kertas Baru Emisi 2022 di Pekan QRIS Nasional

Tenda Khusus penukaran Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 diserbu warga. Tenda dibuka di Pekan QRIS Nasional - Kawanua Basuara Digifest.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Handhika Dawangi
Tribun Manado/Fernando Lumowa
Warga antre menukar Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Festival Basuara Digifest Pekan QRIS Nasional di Kawasan Megamas Manado, Jumat (19/08/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Warga menyerbut tenda khusus penukaran Uang Kertas Baru Tahun Emisi 2022 yang dibuka di Pekan QRIS Nasional - Kawanua Basuara Digifest.

Begitu festival digital ini dibuka, Jumat (19/08/2022), warga langsung antre di tenda khusus yang disediakan.

Mereka rela antre demi mendapatkan Uang Kertas Tahun Emisi 2022.

Satu di antara warga yang antre ialah Pdt Marsel Meruntu. Ia datang setelah sebelumnya registrasi melalui laman Pintar BI, pintar.bi.go.id.

"Dapat informasi ada uang rupiah baru tahun emisi 2022, saya langsung daftar online," katanya di arena Kawanua Basuara Digifest 2022.

Warga antre menukar Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Festival Basuara Digifest Pekan QRIS Nasional di Kawasan Megamas Manado, Jumat (19/08/2022).
Warga antre menukar Uang Rupiah Tahun Emisi 2022 di Festival Basuara Digifest Pekan QRIS Nasional di Kawasan Megamas Manado, Jumat (19/08/2022). (Tribun Manado/Fernando Lumowa)

Kata Pendeta GMIM Pniel Bahu Manado ini, rupiah emisi 2022 akan dikoleksinya.

"Seperti pecahan Rp 75 ribu, saya masih simpan. Tidak untuk dibelanjakan," jelas Pdt Marsel yang datang menukar uang lima paket senilai Rp 1 juta.

Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat mengatakan, Uang Rupiah Emisi Tahun 2022 ini berdesain lebih dinamis dan atraktif.

Termasuk juga lebih mempermuda tunanetra bertransaksi. Sebab antara pecahan yang berat dan pecahan kecil ada perbedaan ukuran 5 milimeter.

"Semakin kecil denominasi, semakin kecil ukuran uangnya. Selain itu, warna lebih tajam dan lebih aman," kata Arbonas.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah BI Sulawesi Utara, Ahmad Rahman mengatakan, pelayanan penukaran Uang Kertas Rupiah Emisi Tahun 2022 dibuka setiap hari pada jam kantor.

"Khusus dua hari ini, penukaran berlangsung di Pekan QRIS Nasional ini," jelas Ahmad.

Menurutnya, setiap hari BI mengalokasikan 200 paket penukaran untuk masyarakat.

Setiap paket nilainya Rp 200 ribu. Rinciannya, pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu dan Rp 10 ribu masing-masing satu lembar.

Sisanya, pecahan Rp 5 ribu empat lembar dan pecahan Rp 2 ribu sebanyak dua lembar.(ndo)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved