Breaking News:

Sukuk Ritel SR017 Beri Imbal Hasil 5,9 Persen, Bibit: Solusi Investasi di Tengah Gejolak Ekonomi

Penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI021), Sukuk Ritel (SR016) dan Savings Bond Ritel (SBR011) mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat Indonesia

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Ist
Sukuk Ritel SR017 yang mulai dipasarkan menawarkan imbal hasul Fixed Rate 5,9 persen bisa jadi solusi investasi di tengah ketidakpastian ekonomi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sejak awal tahun 2022, penerbitan Obligasi Negara Ritel (ORI021), Sukuk Ritel (SR016) dan Savings Bond Ritel (SBR011) mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat Indonesia.

Teranyar, pemerintah merilis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR017 dengan masa penawaran yang berlangsung 19 Agustus sampai 14 September 2022.

PR & Corporate Communication Lead Bibit.id, William, menyampaikan, SBN Syariah ritel seri SR017 ditawarkan dengan imbal hasil fixed rate atau tetap 5,90 persen per tahun.

Selain itu, dengan tenor tiga tahun dan dapat diperjualkan di pasar sekunder (tradable).

SR017 menjadi salah satu alternatif investasi masyarakat di tengah kondisi ekonomi yang dibayangi inflasi yang tinggi serta ancaman resesi karena imbal hasilnya yang stabil (fixed rate).

Selain imbal hasil SR017 yang lebih tinggi daripada suku bunga acuan BI, yang saat ini adalah 3,5 persen, pajak yang dikenakan untuk imbal hasil SR017 hanya 10 persen.

Ini lebih rendah dari pajak deposito, yakni sebesar 20 persen.

Di sisi lain, karena bersifat tradable, SR017 memungkinkan para investor untuk menjualnya di pasar sebelum jatuh tempo.

Menurut William, SR017 menjadi pilihan yang tepat dalam berinvestasi karena imbal hasilnya yang tetap.

Selain itu, imbal hasil dibayarkan rutin setiap bulan dengan nilai lebih tinggi dari bunga deposito bank BUMN serta 100 persen dijamin oleh negara.

"Ini cocok untuk masyarakat yang ingin punya passive income yang stabil yang aman di tengah kondisi perekonomian saat ini,” kata William kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (19/08/2022).

William menambahkan, dengan membeli SBSN ritel seri SR017, artinya masyarakat ikut berkontribusi dalam membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta proyek infrastruktur di Indonesia.

Masyarakat yang punya preferensi dalam berinvestasi dengan prinsip-prinsip syariah juga dapat melirik instrumen yang satu ini.

Berinvestasi sambil berkontribusi bagi pembangunan negeri merupakan wujud partisipasi aktif yang dapat dilakukan oleh para investor, termasuk generasi muda Indonesia saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved