Bolmut Sulawesi Utara

Dinsos Bolmut Sulawesi Utara Gelar Bimbingan dan Pemantapan Taruna Siaga Bencana Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalalu Dinas Sosial (Dinsos) menyelengarakan kegiatan Bimbingan dan pemantapan

Penulis: Alpri Agogoh | Editor: Chintya Rantung
Ist
Bimbingan dan pemantapan (Bintan) Taruna Siaga Bencana (Tagana), bertempat di Coconut beach kawasan wisata Pantai Batu Pinagut, Kamis, (18/08/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalalu Dinas Sosial (Dinsos) menyelengarakan kegiatan Bimbingan dan pemantapan (Bintan) Taruna Siaga Bencana (Tagana), bertempat di Coconut beach kawasan wisata Pantai Batu Pinagut, Kamis, (18/08/2022).

Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan dan SDM Hi. Abdul Mutoh Daeng Mulisa, S.Pd. MM, mewakili Bupati Bolmut, membuka secara resmi kegiatan Bimbingan dan Pemantapan (Bintan) Taruna Siaga Bencana (Tagana) kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2022.

Dalam sambutannya Abdul Mutoh menyampaikan, Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dan memiliki keragaman demografi.

"Dengan kondisi tersebut Indonesia sangat berpotensi rawan bencana alam seperti gempa, banjir rob, angin ribut, erosi dan bencana lainnya," ucap Abdul.

Menyadari akan hal tersebut ia mengatakan, memang sudah sepatutnya kita tangguh dalam menghadapi semua ancaman bencana.

"Tangguh merupakan kesadaran yang terinternalisasi dalam sebuah komunitas sehingga menghasilkan kesiapsiagaan dan kapasitas yang tinggi dalam menghadapi bencana," ujarnya.

Menurut dia, terkait dengan kondisi geografis wilayah Bolmut yang rawan bencana, maka diperlukan kesiapsiagaan seluruh lapisan masyarakat baik pada pra bencana, saat bencana ataupun pasca bencana.

"Tagana mempunyai tugas membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana serta tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana," terang Abdul.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini Tagana di Bolmut berjumlah 42 orang.

"Terdiri dari 35 orang laki-laki dan 7 orang perempuan yang tersebar di enam kecamatan yang ada di Bolmut," ucapnya.

Ia berharap kepada para peserta untuk dapat berperan aktif serta mengikuti dengan baik kegiatan ini.

"Sehingga mampu menghasilkan para tagana yang tangguh dan profesional," tutup Abdul.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Tabiat Asli Mariana Ahong usai Maling Coklat Alfamart, Ternyata Punya Kelainan

Baca juga: Ketua PPI Sulawesi Utara Sering Rindu Masa Kibarkan Merah Putih Saat 17 Agustus

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved