Sosok Tokoh

Sosok Deolipa Yumara, Pengacara Bharada E yang Ungkap Fakta Dalang Pembunuhan Brigadir J

Mengenal sosok Deolipa Yumara, advokat yang kini jadi pengacara Bharada E. Simak profilnya dalam artikel.

Editor: Frandi Piring
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Profil Sosok Deolipa Yumara (baju putih), Pengacara Bharada E yang Ungkap Fakta Dalang Pembunuhan Brigadir J 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sosok Deolipa Yumara, advokat yang menggantikan Andreas Nahot Silitonga sebagai penasehat hukum atau pengacara Bharada E.

Setelah Andreas Silitonga mengundurkan diri, kuasa hukum untuk Bharada E diisi oleh Deolipa Yumara.

Deolipa Yumara langsung memberikan ketarangan sesuai pengakuan Bharada E yang memutuskan untuk ungkap fakta sebenarnya atas kasus kematian Brigadir J.

Ternyata Bharada E diperintahkan oleh seorang atasan untuk menembak Brigadir J.

Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu telah mengakui turut menembak Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Peristiwa penembakan yang dilakukan Bharada E itu terjadi di rumah dinas mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu.

Kuasa hukum Bharada E, Deolipa Yumara, mengatakan bahwa kliennya menembak Brigadir J karena diperintah untuk melakukan tindak pidana pembunuhan tersebut terhadap Brigadir J.

Menurut Deolipa, orang yang memerintahkan Bharada E untuk melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap Brigadir J adalah atasannya.

"Ya, dia diperintah oleh atasannya. Perintahnya ya untuk melakukan tindak pidana pembunuhan itu," kata Deolipa saat dihubungi pada Minggu (7/8/2022).


(Potret almarhum Brigadir J dan Bharada E./Kolase Tribun Manado)

Namun demikian, Deolipa menegaskan bahwa penembakan yang dilakukan kliennya tidak ada motif apa pun. Menurutnya, itu karena spontanitas lantaran diperintah atasannya.

Sementara kuasa hukum Bharada E lainnya, Muhammad Burhanuddin, mengatakan kliennya telah memberikan pengakuan soal peristiwa yang sebenarnya terjadi terkait tewasnya Brigadir J.

Berdasarkan keterangan Bharada E, kata Burhanuddin, ternyata tidak ada insiden baku tembak antara kliennya dengan Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Burhanuddin menjelaskan, Bharada E sudah mengungkapkan secara terang benderang dan tidak ditutup-tutupi terkait kasus pembunuhan Brigadir J.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved