Breaking News:

Mitra Sulawesi Utara

Genjot Kepesertaan PBI JKN, Dinsos Minahasa Tenggara Sulawesi Utara Berinovasi  

Dinsos Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara Berinovasi, Genjot Kepesertaan PBI JKN.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Kharisma Kurama
Kadis Sosial Mitra, Selvie Nancy Lendombela mengungkapkan, saat ini pihaknya sementara menggenjot data Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN di Mitra Sulawesi Utara. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Terbitnya Inpres 1/2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional langsung direspons sejumlah kepala daerah.

Mereka siap menindaklanjuti dengan membuat kebijakan-kebijakan baru untuk menambah jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Salah satunya yang dilakukan Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap. Dalam beberapa kesempatan, Sumendap menegaskan pihaknya menargetkan pada tahun 2023 seluruh warga Mitra Sulawesi Utara sudah tercover JKN.

Terbukti, lewat Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mitra, berbagai upaya terus digencarkan.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Mitra, Selvie Nancy Lendombela mengungkapkan saat ini pihaknya sementara menggenjot data Penerima Bantuan Iuran (PBI) JKN. 

Tak hanya itu, guna mengoptimalkan capaian yang ditargetkan Bupati, Dinsos juga telah melakukan sejumlah inovasi.

Salah satunya dengan membekali para operator desa tentang pemanfaatan Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG) kepada operator di 135 desa dan 9 kelurahan.

"Jadi seluruh operator sudah kami latih guna mewujudkan Data Terpadu untuk Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang baik dan sistematis sebagai dasar acuan," kata Lendombela saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (8/8/2022).

Meski begitu dirinya tak sungkan membeberkan  jika masih ada desa dan kelurahan yang masih belum pro aktif.

"Untuk itu kami berharap dukungan dari Hukum Tua dan Lurah serta pengawasan dari Camat untuk menyukseskan program ini," ucapnya.

Dirinya juga membeberkan jumlah masyarakat yang tercover PBI JKN di Kabupaten Mitra saat ini sudah mencapat  9859 jiwa. Data ini hampir mendekati target 15.000 jiwa.

"Tapi kami dapat kuota di bulan Agustus sebanyak 700 jiwa. Nah ini yang harus kita manfaatkan. Apalagi ini adalah komitmen Bupati Mitra untuk menyejahterakan masyarakat Mitra," tuturnya.

Ditambahkan, untuk menjadi penerima PBI JKN sudah ada persyaratan yang wajib dipenuhi.

"Salah satunya, syarat untuk penerima PBI salah satu syarat adalah berita acara Musyawarah Desa. Jadi harus ditandatangani oleh Hukum Tua atau lurah," pungkasnya.

Tersangka Kasus Skimming Bank SulutGo Bertambah, Ini Penjelasan Polda Sulawesi Utara

Sosok Inisial D Squad Lama Ajudan Ferdy Sambo yang Ancam Bunuh Brigadir J, Diduga Tersangka Baru

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved