Sitaro Sulawesi Utara

Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Belum Miliki Jalan Nasional, Pemda Rutin Lobi ke Kementerian PUPR

Sitaro Provinsi Sulawesi Utara Belum Memiliki Jalan Nasional, Pemerintah Daerah Rutin Lobi ke Kementerian PUPR.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Sitaro, Sulawesi Utara, Audy Sembel. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) di Provinsi Sulawesi Utara telah berusia 15 tahun dalam berotonom.

Beragam pembangunan, khususnya infrastruktur jalan telah dilaksanakan pemerintah daerah sejak awal daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu dimekarkan.

Sayangnya, hingga kini Kabupaten Kepulauan Sitaro belum juga memilik jalan yang berstatus jalan nasional.

Padahal, pemerintah daerah telah getol melakukan lobi ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

"Sampai hari ini, Kabupaten Sitaro belum memiliki jalan berstatus jalan nasional," kata Audy Sembel, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Sitaro, Rabu (3/8/2022).

Menurut dia, upaya lobi guna peningkatan status jalan telah dilakukan pemerintah daerah, baik secara langsung oleh bupati maupun pihak Dinas PUPRPKP sendiri.

Bahkan beberapa waktu lalu, Bupati Evangelian Sasingen telah bertemu langsung dengan Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono guna menyampaikan usulan tersebut.

"Hasil dari pertemuan tersebut, tim dari Balai Pelaksana Jalan Nasional Manado telah turun ke Sitaro beberapa waktu lalu. Tapi untuk peningkatan status jalan belum diakomodir," ungkap Sembel.

Meski belum bisa diakomodir, namun Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional XV Manado akan melakukan penanganan terhadap ruas jalan Ulu-Bandara-Ondong dengan panjang mencapai 34 kilometer.

"Untuk bentuk penanganannya seperti apa, kami juga belum tahu persis. Yang jelas, dari pihak balai sudah turun ke Sitaro," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved