Mitra Sulawesi Utara

Tolak Vaksin Hewan Berpotensi Rabies, Pemkab Mitra Sulawesi Utara Siapkan Sanksi Tegas

Polemik masyarakat yang meninggal akibat diduga rabies jadi perhatian serius Pemerintah Minahasa Tenggara (Mitra).

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
Kharisma/Tribun Manado
Asisten II Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Jani Rolos 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Polemik masyarakat yang meninggal akibat diduga rabies jadi perhatian serius Pemerintah Minahasa Tenggara (Mitra).

Tak tanggung-tanggung, pemerintah dikabarkan bakal memberikan sanksi kepada masyarakat yang dengan sengaja tidak menyuntikkan vaksin hewannya.

Hal ini ditegaskan Asisten 2 Jani Rolos. Ia menjelaskan, dari hasil rapat koordinasi diputuskan bahwa pemerintah akan melakukan tindakan penangkapan hewan peliharaan berpotensi rabies yang dibiarkan pemiliknya berkeliaran.

“Mengingat di Minahasa Tenggara ini sudah ada kasus di Wilayah Silian, maka kita memulai tahapan sosialisasi terhadap masyarakat dalam satu Minggu ini, kita akan melakukan pengawasan dan penindakan di lapangan, didalamnya kita akan menangkap anjing-anjing hewan yang berkeliaran,” ungkapnya.

Sebelum melakukan penindakan di lapangan lanjut Jani, akan diberikan sosialisasi kepada masyarakat terhadap bahayanya hewan seperti anjing ketika dibiarkan begitu saja dan tanpa diberikan vaksinasi.

Ini juga sebagaiman diatur dalam peraturan daerah nomor 2 tahun 2016 yang dimana setiap pemilik hewan berpotensi rabies wajib melakukan pengandangan dan pemberian vaksinasi.

“Pemilik hewan yang tidak melakukan penyuntikan vaksinasi termasuk tidak dikandangkan hanya dibiarkan, jadi sangat beresiko dan ada sanksi pidana disana, yakni denda Rp 50 ribu dan kurungan badan 6 bulan,” tegasnya.

Terkait penangkapan hewan peliharaan, ditambahkannya pemilik hewan harus mengikuti regulasi yang ada.

“Ada regulasi dan produk hukum didalamnya peraturan daerah nomor 2 tahun 2016, bahwa hewan peliharaan yang beresiko rabies ini harus diikat dan dikandangkan,” tandasnya.

Baca juga: Peringatan Dini Besok Selasa 2 Agustus 2022, BMKG: Patut Waspada 23 Wilayah Ini Alami Cuaca Ekstrem

Baca juga: Komentar Cewek Manado Stevanie Undap Terkait TIFF 2022 di Tomohon Sulawesi Utara

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved