Sangihe Sulawesi Utara

Selang Tahun 2022 DBD di Sangihe Sulawesi Utara Sentuh Angka 189 Kasus

Hingga akhir Juli 2022 penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sentuh di angka 189 kasus,

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi digigit nyamuk 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Hingga akhir Juli 2022 penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sentuh di angka 189 kasus, angka ini meningkat signifikan yang di tahun 2021 hanya 185 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Daerah Nortje Kaemba saat dikonfirmasi, Senin (01/07/2022) mengatakan penyakit DBD disebabkan oleh nyamuk dan nyamuk pembawah DBD hidup berkembangbiak di air bersih melalui wadah diantaranya kaleng bekas, sampah plastik.

"Penyebab tingginya angka kasus DBD diantaranya dipengaruhi faktor alam dengan perubahan iklim yang cenderung berpotensi berkembangbiaknya Nyamuk Aedes Aygypti," Kata Kabid.

Dikatakan pula untuk menekan angka penderita DBD masyrakat harus melakukan 3 M (Menguras, Menutup dan Menimbun)

"Karena fogging yang dilakukan itu hanya membunuh nyamuk dewasa, tetapi kalau masih ada jentik itu akan berkembang 2 minggu kemudian," Jelas Kaemba.

Dengan adanya peningkatan kasus DBD Dinas teknis sudah melakukan langkah penanganan mulai dari upaya penelusuran adanya potensi perkembangbiakan nyamuk di sejumlah wilayah.

"Bahkan kerja sama fasilitas kesehatan dan Pemerintah di tingkat Kampung dan Kelurahan terus menggalahkan kerja bakti dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak ada sampah-sampah yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk," imbuhnya.

Dirinya juga mengharapkan dukungan masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan menjadi perhatian dan senantiasa melakukan pencegahan dengan menggunakan kelambu saat tidur dan anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk DBD.(Nel)

Baca juga: Begitu Terbentuk Badan Promosi Pariwisata Tomohon Langsung Bergerak, Dipimpin Habelana Lucia Goni

Baca juga: Ingat Engku Emran Eks Suami Laudya Cynthia Bella? Rumah Tangganya dengan Noor Nabila Diisukan Retak

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved