Sitaro Sulawesi Utara

Komisioner KPU Sitaro Sulawesi Utara Ikuti Tahapan Pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu 2024

KPU RI menggulirkan tahapan pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024 yang dimulai hari ini, Senin (1/8/2022).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Tiga Komisioner KPU Sitaro saat mengikuti jalannya tahapan pendaftaran parpol secara daring. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI) menggulirkan tahapan pendaftaran Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024 yang dimulai hari ini, Senin (1/8/2022).

Informasi yang diperoleh tribunmanado.co.id menyebut, di hari pertama tahapan pendaftaran ini terkonfirmasi ada 10 parpol yang akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Mereka adalah PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, Partai Rakyat Adil Makmur, Perindo, Partai Bulan Bintang, PPP dan Partai Gelora.

Pantauan wartawan di kantor KPU Sitaro, nampak Ketua KPU Stevanus Kaaro bersama dua komisioner, yakni Hendrik Kundimang dan Arter Tamaka yang mengikuti jalannya tahapan pendaftaran parpol melalui kanal Youtube KPU RI.

Selain ketiga komisioner KPU Sitaro, terlihat pula dua komisioner lainnya masing-masing Vivian Palit dan Yosep Salombe yang ada di ruang kerja masing-masing.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro mengatakan, tahapan pendaftaran parpol calon peserta pemilu hanya akan berlangsung di gedung kantor KPU RI.

"Kita di daerah, baik provinsi maupun kabupaten kota hanya mengikutinya secara daring dari kantor masing-masing," kata Kaaro kepada sejumlah awak media.

Nantinya, sambung Kaaro, hasil dari tahapan pendaftaran tersebut akan disampaikan KPU RI ke jajaran KPU di setiap daerah.

"Kita KPU daerah akan menunggu hasil pendaftaran tersebut dari KPU RI. Jadi untuk tahapan ini semua berlangsung di pusat," bebernya.

Terkait kesiapan pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu, Kaaro menyatakan pihaknya telah melaksanakan beragam persiapan termasuk sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol Peserta Pemilu.

"Kegiatan ini (sosialisasi) telah kita laksanakan kemarin melibatkan pihak-pihak terkait antara lain Bawaslu, pengurus parpol dan rekan-rekan media," ujar Kaaro.

Sesuai ketentuan yang tertuang dalam PKPU Nomor 4 Tahun 2022, pelaksanaan tahapan pendaftaran akan berlangsung selama dua pekan kedepan, mulai 1 hingga 14 Agustus 2022. (HER)

Baca juga: Potret Kedatangan ART & Ajudan Ferdy Sambo ke Komnas HAM, Tak Kalah Pengawalannya Dari Bharada E

Baca juga: Bupati Minut Joune Ganda Harap Pemilihan Hukum Tua Berjalan Lancar: Jika Ada Konflik Pemilihan Batal

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved