Sangihe Sulawesi Utara

Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara Ketambahan 5 Unit Ambulance, Ini Pesan Pj Bupati Rinny Tamuntuan

5 unit mobil ambulance yang di serahkan oleh Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan pada apel perdana di lingkup Pemerintah Kabupaten Sangihe

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Ist
Rinny Tamuntuan saat memberikan sambutan pada apel perdana dan penyerahan secara simbolis 5 unit ambulance 

TRIBUNMANADO.CO.ID – 5 unit mobil ambulance yang di serahkan oleh Penjabat Bupati dr Rinny Tamuntuan pada apel perdana di lingkup Pemerintah Kabupaten Sangihe siap beroprasi.

4 Unit Ambulance, sesuai pengadaan diserahkan ke Puskesmas Nusa, Kendahe, Tahuna barat dan Manganitu, sementara 1 Unitnya lagi ke Rumah Sakit Liun Kendage Tahuna.

Apel bersama yang dilaksnakan di depan Rumah Jabatan Bupati Senin (01/08/2022) dalam sambutanya terakit dengan penggunaan mobil ambulance agar tidak di pakai untuk keperluan pribadi.

"Tujuan pengadaan ambulance adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Jangan dipergunakan untuk kegiatan pribadi atau keluarga," sentil Tamuntuan.

Sementara itu, Kepala Dinkesda Sangihe dr. Handry Pasandaran saat dutemui usai apel menyebutkan jika 4 unit Ambulance nantinya bakal dipergunakan sebagai Puskesmas Keliling (Pusling) sedangkan satunya lagi sebagai transportasi pasien.

"Jadi untuk RSLK Ambulance memang digunakan untuk transportasi pasien. Sementara untuk Puskesmas, selain transportasi juga digunakan untuk membantu tim dalam pelayanan keliling di seluruh wilayah kerja Puskesmas," sebut Pasandaran.

Lebih lanjut, Eks Direktur RSLK ini menyebutkan jika 4 Ambulance merupakan pengadaan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang kesehatan sedangkan untuk RSLK bersumber dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Disentil pula terakait dengan ketersediaan ambulance di sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Sangihe diakuinya ada puskesmas pada tahun ini kendaraanya dilaporkan sudah rusak yang mengalami beberapa kali perbaikan.

"Dari segi ketersediaan hari ini seluruh puskesmas seyogyanya sudah memiliki walaupun di akui ada puskesmas pada tahun ini kendaraanya di laporkan sudah ada yang rusak yang sudah mengalami beberapa perbaikan seperti puskesmas kendahe dan puskesmas tona, dan informasi ini sedikit terlambat dan rencanaya kami akan usulkan pada 2024 sebab untuk pengusulan tahun 2023 sudah selesai," Kunci Pasandaran.(nel)

Baca juga: Gandeng Diskominfo Kotamobagu Sulawesi Utara, Penyedia Layanan Jaringan Upgrade Migrasi Kartu Sim

Baca juga: SOSOK Alexander Perkasa, Anak Jenderal TNI Andika Perkasa, Pilih Profesi Berbeda dari Ayahnya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved