Sitaro Sulawesi Utara

Pemkab Sitaro Gelar Bimbingan Teknis Penerapan e-Katalog Lokal

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pengadaan barang dan jasa pemerintah segera diberlakukan Pemerintah Kabupaten Sitaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist
Suasana pembukaan bimtek tentang e-katalog. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pengadaan barang dan jasa pemerintah segera diberlakukan Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Caranya dengan menerapkan Katalog Elektronik atau e-katalog lokal dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah daerah.

Adapun market sounding produk atau komoditas yang akan dijadikan pilot project dalam e-katalog lokal ini yakni pengadaan Alat Tulis Kantor (ATK) serta makan minum atau mami.

Guna memaksimalkan penerapan e-katalog tersebut, Pemkab Sitaro menggelar bimbingan teknis yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh stakeholder.

"Upaya mendorong katalog lokal daerah kita agar lebih berkembang dari sisi jumlah komoditas yang diusulkan. Dengan begitu diharapkan akan semakin bertambah dan adanya keterlibatan penyedia katalog lokal," kata Penjabat Sekretaris Daerah, Agus Poputra saat membuka kegiatan bimtek e-katalog, Rabu (27/7/2022).

Setiap perangkat daerah, lanjutnya, harus mendorong para pelaku usaha katalog lokal sebagai mitra untuk segera mendaftar sesuai dengan komoditas katalog Sitaro.

"Mari kita manfaatkan momen ini untuk bersama-sama memperoleh informasi tentang e-Katalog Lokal itu sendiri untuk selanjutnya diterapkan pada pengadaan di masing- masing perangkat daerah," ajak Poputra.

Dia beharap para peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan dengan penuh perhatian dan keseriusan agar semua yang telah disiapkan bisa dipahami bersama.

"Pemerintah daerah berupaya melaksanakan kegiatan ini agar para pelaku usaha di Sitaro sebagai penyedia dapat memahami dengan benar bahwa e-katalog ini sangat penting untuk digunakan," ungkapnya.

Meski e-katalog ini merupakan sesuatu yang baru untuk diterapkan di Kabupaten Sitaro, namun secara perlahan hal ini akan membawa perubahan yang positif.

"Karena itulah kita harus bekerja sama mempersiapkan penerapannya secara matang sehingga nantinya kita dapat mewujudkan pengadaan yang lebih efektif, efisien, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel," kunci Poputra.

Pemberlakuan e-katalog lokal ini sejalan dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Produk Usaha Mikro dan Koperasi.

Dimana hal ini sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau produk dalam negeri maupun daerah pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. (HER)

Baca juga: Persiapan Liga 2, Sulut United Dijadwalkan Mulai Latihan 29 Juli 2022

Baca juga: Kecelakaan Maut Tadi Pukul 08.20 Wita, Pemotor Tewas Mengenaskan, Ditabrak Mobil Lalu Terhempas

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved