Bolmong Sulawesi Utara

Rencana Pembangunan PT Kawasan Industri Mongondow di Bolmong Segera Terealisasi Tahun 2022

Rencana pembangunan Kawasan Industri Mongondow (KIMONG) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan segera terealisasi

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Chintya Rantung
Sujarpin Dondo/Tribun Manado
Rapat antara DLH Bolmong serta beberapa Dinas Terkait bersama petinggi PT KIMONG 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Rencana pembangunan Kawasan Industri Mongondow (KIMONG) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) akan segera terealisasi, Kamis (21/07/2022).

Rencana ini semakin mendekati tujuan setelah pelaksanaan rapat penilaian Dokumen Analisis Dampak Lingkungan dan Rencana Pengelolaan serta Pemantauan Lingkungan Hidup.

Tujuan dari rapat tersebut dilaksanakan untuk menganalisis dokumen secara cermat dan tentang dampak rencana usaha atau kegiatan.

Hal ini juga bertujuan untuk pengendalian dampak kegiatan agar sesuai, standar,prosedur, dan Kriteria yang berlaku saat sudah berjalan.

Hasil penilaian kelayakan lingkungan inipun mengacu kepada 10 kriteria kelayakan lingkungan dan berdasarkan hasil analisis keterkaitan dan interaksi dampak lingkungan, dampak hipotetik, arahan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup terkait pembangunan Kawasan Industri Mongondow dan dinyatakan layak lingkungan.

Yahya Fasa Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Bolaang Mongondow dan juga Ketua Komisi Penilai AMDAL melalui tim ketua teknis Erni Tungkagi mengatakan, setelah melalui proses penilaian dokumen yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dan tim teknis komisi penilai AMDAL Bolmong serta saran dari instansi dan pihak terkait.

komisi penilai AMDAL menyatakan dokumen AMDAL layak lingkungan dengan beberapa catatan perbaikan dokumen yang harus diselesaikan oleh tim penyusun dan beberapa kegiatan yang harus dilaksanakan oleh pemrakarsa, sebelum tahapan pembangunan dilaksanakan.

"Ini hasil evaluasi secara holistik atas dampak lingkungan yang mungkin timbul atas proyek tersebut," kata Ketua Tim Teknis Komisi Penilai Amdal Kabupaten Bolmong Erni Tungkagi Kamis 21 Juli 2022.

Dokumen AMDAL ini terdiri atas 3 dokumen yaitu Formulir Kerangka Acuan, ANDAL dan RKL -RPL dengan prosedur penyusunan dokumen AMDAL mengacu pada Lampiran II PP Nomor 22 Tahun 2021.

Menurut Erni dokumen AMDAL ini disusun oleh LPJP Surveyor Indonesia dan melibatkan beberapa orang penyusun dari Universitas Sam Ratulangi Manado.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved