Bolmut Sulawesi Utara

Pupuk Langka, Puluhan Petani Desa Paku Demo di Dinas Pertanian Bolmut Sulawesi Utara

Puluhan Masyarakat demo Kantor Dinas Pertanian Bolmut, Senin (18/07/2022).

Penulis: Alpri Agogoh | Editor: Chintya Rantung
Alpri/Tribun Manado
Puluhan Petani Desa Paku Demo Dinas Pertanian Bolmut Sulawesi Utara 

TRIBUANMANADO.CO.ID - Disebut mengalami kelangkaan dan terindikasi penjualan pupuk melebihi Harga Enceran Tertinggi (HET) diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Desa Paku, Kecamatan Bolangitang Barat, Puluhan Masyarakat demo Kantor Dinas Pertanian Bolmut, Senin (18/07/2022).

Koordinator Lapangan dalam aksi tersebut Herman Ponamon (27) menyampaikan, aksi ini terkait dengan kondisi ketersediaan pupuk bersubsidi di Wilayah Bolmut khususnya di Desa Paku, banyak dikeluhkan oleh para petani karena sulit didapatkan.

"Kami turun ke jalan saat ini untuk menyuarakan aspirasi dari masyarakat atau petani yang ada di Desa Paku terkait dengan kelangkaan pupuk di beberapa daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan juga terkait dengan harga pupuk yang terindikasi penjualanya melebihi Hargga Enceran Tertinggi" Ujar Herman

Ia menceritakan, saat ini di Desa Paku ada sebagian warga masyarakat yang sudah membayarkan pupuk bersubsidi sebesar Rp 340 ribu, tapi sampai saat ini belum ada pupuk yang sampai ditangan petani.

"Kami mencurigai ada indikasi pembagian pupuk yang tidak merata" Ungkap Herman.

Menurutnya polemik ini terjadi karena lemahnya pengawasan dari Dinas Pertanian. Sehingga sangat diperlukan evaluasi kembali keberadaan petugas lapangan dan Balai Penyuluh Pertanian disetiap kecamatan yang ada di Bolmut

Sementara itu untuk pembagian bibit jagung, Herman menjelaskan tahun 2021 dari 14 kelompok yang ada di Desa Paku, yang keluar itu cuma dua kelompok saja yang menerima bantuan bibit.

Herman berharap Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, melalui Kepala Dinas Pertanian bisa konsisten dengan apa yang disampaikan.

Baca juga: Gempa Terkini Sore Ini Senin 18 Juli 2022, Baru Guncang di Laut, Info BMKG Lokasi dan Magnitudonya

Baca juga: Daftar 5 Jenderal Polisi yang Tangani Kasus Tewasnya Brigadir J, Tugas dan Fungi Mereka Terungkap

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved