Sitaro Sulawesi Utara

Dampak Cuaca Ekstrem, Sejumlah Wilayah di Kabupaten Sitaro Alami Gangguan Jaringan Listrik

Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan beberapa wilayah di Sulawesi Utara dilanda cuaca ekstrem.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist
Sejumlah pohon yang tumbang dan mengenai jaringan listrik di wilayah Siau akibat cuaca ekstrem. 

TRIBUNMAMADO.CO.ID - Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan beberapa wilayah di Sulawesi Utara dilanda cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrem berupa angin kencang disertai hujan berintensitas sedang hingga lebat berlangsung sejak Minggu (17/7/2022) malam.

Akibat terjangan cuaca buruk ini, sejumlah pohon di wilayah Kabupaten Sitaro dikabarkan tumbang dan menimpa jaringan kabel listrik milik PLN.

Selain menimbulkan gangguan layanan kelistrikan, pohon tumbang di beberapa titik juga sempat menutup akses jalan sehingga mengganggu arus transportasi.

Seperti di perbatasan Kampung Balirangen dan Kampung Kalihiang Kecamatan Siau Timur Selatan. Sebuah pohon tumbang dan sempat menutup akses jalan.

Begitu pula di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur tepatnya di Lingkungan 1 RT O2 dan 03. Batang pohon yang tumbang menimpa kabel jaringan PLN sehingga menimbulkan gangguan kelistrikan.

Hal ini dibenarkan Syarwan Ariwibowo, Supervisor PLN Rayon Ulu Siau. Saat dihubungi tribunmanado.co.id, Syarwan menyebut adanya gangguan jaringan listrik dibeberapa lokasi akibat terkena batang maupun ranting pohon.

"Untuk temuan ada beberapa. Kebanyakan ranting pohon yang jatuh terkena jaringan sehingga menimbulkan gangguan. Petugas kami terus melakukan pengecekan," bebernya melalui pesan Whatsapp, Senin (18/7/2022).

Saat ini, sambung Syarwan, pihaknya telah melakukan penormalan di beberapa titik terdampak gangguan jaringan akibat cuaca ekstrem yang terjadi di wilayah Sitaro dan sekitarnya.

"Untuk saat ini sebagian besar sudah normal pak. Yang tersisa tinggal penyulang Talawid. Kemungkinan yang jadi penyebab itu yang di daerah Balirangen Kecamatan Siau Timur Selatan," bebernya.

Ia pun berharap adanya kerjasama dari seluruh Kepala Wilayah, baik Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk dapat memberikan informasi terkait gangguan kelistrikan yang terjadi.

"Kita akan berupaya maksimal dalam mengatasi setiap gangguan jaringan kelistrikan. Apalagi saat ini sedang terjadi cuaca buruk, makanya petugas kita terus siagakan," kuncinya. (HER)

Baca juga: Gempa 5,6 SR Senin 18 Juli 2022, Guncang di Laut, Berikut Ini Info Lokasinya

Baca juga: 4 Tradisi Unik Sambut Tahun Baru Islam di Berbagai Daerah di Indonesia, Ada Keliling Kompleks Kraton

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved