Minahasa Sulawesi Utara

KPK Temukan Indikasi Pemanfaatan Lahan Pesisir Danau Tondano Minahasa Tanpa Hak dan Tak Berizin

KPK menemukan indikasi pemanfaatan lahan oleh pihak-pihak tertentu di wilayah perarian dan sempadan Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Dok. KPK
Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Ely Kusumastuti berbicara dalam Rakor Revitalisasi Danau Tondano di Manado, Kamis (14/07/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan indikasi pemanfaatan lahan oleh pihak-pihak tertentu di wilayah perarian dan sempadan Danau Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Pemanfaatan lahan tersebut dilakukan oleh oknum yang merasa memiliki hak atas lahan dengan membuat bangunan serta keramba apung tak berizin.

Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Ely Kusumastuti menjelaskan pemanfaatan lahan tersebut seharusnya tidak boleh dilakukan.

Okupansi itu melanggar Permen PUPR No. 28/PRT/M/201 tentang Penetapan Garis Sempadan Sungai dan Garis Sempadan Danau.

Beleid tersebut mengatur garis sempadan danau ditentukan mengelilingi danau paling sedikit berjarak 50 meter dari muka air.

“Sempadan danau berfungsi sebagai kawasan pelindung danau, fasilitas publik, masyarakat, dan pengaman tanah guna mencegah kerusakan lingkungan,” kata Ely dalam keterangan tertulis ke Tribunmanado.co.id, Kamis (14/07/2022).

Situasi ini, menurut Ely menimbulkan berbagai dampak buruk. Kotoran dari budidaya ikan di keramba membuat air danau menjadi keruh dan mengendap di dasar danau.

Pembangunan di sekitar danau secara serampangan juga mengancam kelestarian lingkungan yang mengakibatkan pendangkalan karena tumbuh suburnya gulma eceng gondok.

Di sisi lain, oknum yang melakukan usaha di Danau Tondano selain tidak memiliki izin, juga tidak memberikan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Misalnya, keramba ikan yang tidak berizin tidak membayar pajak serta bangunan-bangunan di sempadan Danau Tondano juga tidak memiliki legal sehingga pemerintah daerah tidak dapat mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved