Bolmong Sulawesi Utara

Bawaslu Gandeng Diskominfo Bolmong Gelar Rapat Terkait Transparansi Kegiatan Pemilu 2024

Bawaslu Bolaang Mongondow (Bolmong) gandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar rapat dalam kantor

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Chintya Rantung
ist
Bawaslu Sulut bersama Diskominfo Gelar RDK 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bolaang Mongondow (Bolmong) gandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar rapat dalam kantor (RDK), Rabu malam (13/07/2022).

RDK yang dilaksanakan di Sekretariat Bawaslu Bolmong ini di gelar dengan tema kegiatan pengelolaan kehumasan, peliouta. Dan dokumentasi serta informasi publik Bawaslu Kabupaten/Kota.

Rapat yang dibuka ketua Bawaslu Bolmong Pangkerego SIP, mengatakan bahwa tujuan RDK ini sebagai bentuk peningkatan sumber daya dan kapasitas jajaran.

Pangkerego juga menegaskan kembali Poin-poin penting yang harus di lakukan oleh staf untuk mengembangkan giat-giqt di media sosial yakni hal-hal yang terkait dengan tahapan pemilu serentak 2024, seperti media sosial.

"Keterbukaan informasi ini adalah bagian dari sebuah akses, yang secara wajib untuk di nikmati oleh khalayak khususnya masyarakat di Bolmong", ucap Pangkerego.

Oleh karena itu, hal ini menjadi motifasi jajaran Bawaslu Bolmong dengan mengacu pada UUD NKRI tahun 1945 pasal 28 dimana warga negara dan penduduknya punya hak untuk berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan maupun tulisan.

" Saya juga berharap agar dalam forum ini dapat menghasilkan pembaruan ilmu serta pengetahuan dan menjadi bagian dari sinergitas jajaran pengawas pemilu," tambahnya.

Sementara itu, Erni Mokoginta selaku Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data, dan Informasi memberi pesan agar supaya seluruh staf yang ada agar dapat terus meng-update infomasi.

"Ini sangat penting agar masyarakat juga tahu apa saja yang dilakukan oleh Bawaslu sepanjang tahapan sudah dimulai," ucap Erni.

Ditempat yang sama kepala Diskominfo Bolmong Ma'rief Mokodompit, mengatakan bahwa sinergitas antara Pemda, kepolisian,kejaksaan, dan KPU memiliki peran penting dalam fungsi pengawasan pada proses tahapan Pilkada nanti.

"Terutama dalam menjamin hak-hak warga negara sesuai ketentuan berkenaan layanan publik yang telah diamanahkan dalam undang-undang baik kebebasan berpendapat, maupun berkaitan keterbukaan informasi publik, peran humas dilingkungan instansi sangat penting sebagai wajah dan citra institusi," ungkap Ma'rief.

Lanjut Ma'rief, selain itu humas berperan aktif dalam pemberian informasi yang positif didasarkan pada regulasi yang ada, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di setiap institusi pemerintah dan lembaga untuk terus melakukan update informasi berdasarkan data yang dimintakan melalui mekanisme standar operasional prosedur (SOP).

Dengan kegiatan ini pula, Ma'rief juga menyampaikan apresiasi terkait dengan giat Bawaslu Bolmong.

"Sharing dan diskusi ini dapat menyatukan persepsi peran kehumasan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terutama pada saat ini menghadapi tahapan pilkada 2024," tandasnya.

Baca juga: Ayah Brigadir J Didatangi Brigjen Pol, Bilang Anaknya Masuk karena Istri Ferdy Sambo Berpakaian . .

Baca juga: Saiun Korban Bencana Pantai Amurang Tetap Produksi Olahan Kulit Sapi untuk Biaya Kuliah Anak

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved