Bolmong Sulawesi Utara

112 Penyuluh Agama Islam di Kemenag Bolmong Sulawesi Utara Ikut Penguatan Moderasi Beragama  

112 Penyuluh Agama Islam di Kemenag Bolmong Sulawesi Utara Ikut Penguatan Moderasi Beragama.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
HO
Suasana kegiatan moderasi beragama di Homestay Fthtree Kotamobagu, Sulawesi Utara, Kamis 14 Juli 2022. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bolaang Mongondow (Bolmong) gelar kegiatan penguatan moderasi beragama, Kamis (14/7/2022), di Homestay Fthtree Kotamobagu.

Kegiatan ini diikuti oleh 112 penyuluh agama Islam yang ada di Kemenag Bolmong, Sulawesi Utara.

Sedangkan untuk pemateri, Kemenag Bolmong menghadirkan tiga pemateri yakni H Rikson Hasanati, Hamka Dondo, Kifli Lamusa, dan Purwoaji TA Darisun. 

Menurut Kepala Kantor Kemenag Bolmong Shabri Makmur Bora tujuan diadakannya kegiatan penguatan moderasi beragama ini tak lain adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Penyuluh Agama Islam tentang moderasi beragama. 

Shabri mengatakan jika moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama.

"Ajaran agama yang dimaksud adalah melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan bernegara,” kata dia. 

Selain itu, Shabri juga mengapresiasi penyuluh agama Islam di Bolmong yang dianggap sudhs berhasil mejaga kerukunan dengan baik. 

"Tugas anda menjaga kerukunan, memberi informasi yang benar terhadap umat agar tidak terjadi kegaduhan yang mengganggu keharmonisan hubungan inter dan antar umat beragama," tambah dia. 

Kedepannya, Shabri berharap agar penyuluh agama Islam di Bolmong bisa menjadi contoh dan teladan dalam mempererat kerukunan. 

Sementara itu, salah satu pemateri yakni Kifli Lamusa berharap kegiatan ini dapat memberi dampak yang lebih baik dalam meningkatkan toleransi, kerukunan dan moderasi beragama di Bolmong. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved