Sitaro Sulawesi Utara

Tim Jejaring Panca Mandala Sitaro Sulawesi Utara Ikut Penguatan Pembinaan Idiologi Pancasila

Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia menggelar penguatan Pembinaan Idiologi Pancasila di Provinsi Sulawesi Utara.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Pembukaan kegiatan penguatan Pembinaan Idiologi Pancasila Jejaring Panca Mandala Sulut. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Pembinaan Idiologi Pancasila Republik Indonesia menggelar penguatan Pembinaan Idiologi Pancasila di Provinsi Sulawesi Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Luwansa Hotel and Convention Center Manado itu akan bergulir mulai Senin 11 Juli 2022 hingga 13 Juli 2022.

Pembinaan Idiologi Pancasila ini menyasar Jejaring Panca Mandala Provinsi Sulawesi Utara yang terdiri dari seluruh jejaring di 15 kabupaten dan kota.

Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jejaring BPIP, Prakoso mengapresiasi keberadaan Jejaring Panca Mandala Sulawesi Utara yang akan dikuhkukan pada Kamis 14 Juli 2022 mendatang.

"Perlu kami sampaikan perlunya mendirikan Jejaring Panca Mandala. Karena ini merupakan forum kolaboratif yang diisi oleh komponen-komponen di masyarakat yang secara sukarela ikut menanamkan nilai-nilai pancasila di wilayah masing-masing dengan mengedepankan semangat gotong royong," kata Prakoso.

Ia juga mendorong kepada Jejaring Panca Mandala yang sudah dikukuhkan tersebut dapat segera menyusun rencana kerja di setiap daerahnya masing-masing.

"Saya harapkan, semua perwakilan JPM di setiap daerah untuk segera menyusun rencana kerjasama di setiap daerahnya masing-masing," harapnya sembari membuka kegiatan Penguatan Pembinaan Idiologi Pancasila Jejaring Panca Mandala.

Sementara itu, Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI, Elfrida Siregar mengatakan, Jejaring Panca Mandala merupakan mitra kerja BPIP dalam upaya memperkuat nilai-nilai Idiologi Pancasila.

"Dalam pelaksanaannya, BPIP harus melibatkan partisipasi masyarakat. Bukan hanya dengan lembaga-lembaga negara dan pemerintahan, tetapi juga dengan masyarakat yang diwakili komponen-komponen yang ada," jelas Siregar.

Dalam rangka bergotong royong membumikan Pancasila, strategi yang dilakukan oleh BPIP adalah dengan pembentukan Jejaring Panca Mandala.

"Ini merupakan jejaring kolaboratif yang melibatkan lima unsur yakni pemerintah, dunia pendidikan, dunia usaha, media dan organisasi masyatakat," urai Siregar.

Adapun tugas dari Jejaring Panca Mandala ini adalah mendukung program pembinaan Idiologi Pancasila skala nasional dan mendukung kelembagaan pembinaan Pancasila.

"Karena itu lewat JPM ini diharapkan dapat menguatkan kelembagaan BPIP secara nasional untuk membumikan nilai-nilai idiologi Pancasila," ungkap Siregar.

JPM Kabupaten Sitaro sendiri terdiri dari Kepala Badan Kesbangpol Sitaro, Jacson Baginda mewakili pemerintah, Wakil PGRI Sitaro Robert Kahiking mewakili dunia pendidikan, Cosman Ambalao mewakili pelaku usaha, Octavianus Hermanses perwakilan Media serta Stenly Gaghunting mewakili Ormas. (HER)

Baca juga: Terungkap Motif Pria Asal Malalayang Manado Sulawesi Utara Aniaya Kakek yang Berprofesi Sopir Angkut

Baca juga: Dua Pelaku Perudungan Anak Tak Ditahan Polresta Manado, Kompol Taufiq Arifin: Sedang Hamil 5 Bulan

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved