Bitung Sulawesi Utara

Ini Rute Pawai Malam Takbiran Idul Adha di Kota Bitung, Panitia Himbau Jangan Pakai Knalpot Racing

Inilah jalur pelaksanana pawai malam takbiran, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1 Dzulhijjah 1443 Hijiriyah tahun 2022

Christian Wayongkere/Tribun Manado
Apel pasukan pengamanan pawai malam takbiran di Mapolres Bitung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Inilah jalur pelaksanana pawai malam takbiran, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1 Dzulhijjah 1443 Hijiriyah tahun 2022, Sabtu (9/7/2022) nanti malam.

Menurut Kasatlantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi rute pelaksanaan pawai malam takbiran akan start dari depan kantor Walikota Bitung jakan Sam Ratulangi Bitung.

Melalui ruas jalan utara atau jalan protokol, sampai di simpang tiga Leoni Dodik Wangurer, lalu ke arah Girian Bawah, belok kiri lewat jalan depan mesjid Jami’ Annur.

Kemudian lurus ke arah pasar Girian, dan akan keluar di simpang empat atau perampatan Girian kembali kea rah Bitung melalui jalan protokol depan Gereja Katolik St Antonius De Padua Girian, SMPN 1 Bitung, Mapolres Bitung sampai ke garis finish di depan kantor walikota Bitung.

“Pawai malam takbiran nanti, terdiri dari kendaraan roda dua dan empat. Kami akan koordinasi apakah akan ada kendaraan roda enam atau lebih,” kata AKP Awaludin Puhi kasatlantas Polres Bitung, Sabtu (9/7/2022).

Dia jelaskan, untuk rangkaian kendaraan diawali dengan kendaraan roda empat pribadi maupun mobil pick up, yang nantinya dibagian depan ada mobil patroli satlantas Polres Bitung.

Di belakang kedaraan roda empat, akan ditutup oleh kendaraan lalulintas Polres Bitung kemudian dibelakangnya ada rangkaian kendaraan roda dua dan akan ditutup mobil pengawalan lalulintas.

Adapun pelaksanaan pawai malam takbiran, dijadwalkan akan di lepas oleh Wali kota Bitung Maurits Mantiri usai ibadah isya pukul 19.30 Wita.

Kata Awaludin, personil gabungan harus memperhatikan simpang-simpang yang akan dilakui iring-iringan pawai malam takbiran.

“Tidak ada penambahan peserta pawai saat sedang berjalan, entah itu dari komunitas motor dan lainnya tidak diperkenankan gabung dalam iring-iringan pawai,” kata dia.

Dalam pawai malam takbiran nanti, pihaknya menyampaikan ketentuan peserta sebagaimana yang disampaikan panitia pelaksana, peserta menggunakan pakaian muslim, musik takbiran yang diputar tidak boleh menggunakan disco dan lagu atau musik yang diputar nantinya sudah disiapkan dalam fleshdisk dari panitia pelaksana.

Di lapangan nanti, personil gabungan mendaapti atau mendengar ada musik yang tidak sesuai dengan ketentuan dari panitia pelaksana, tindakannya adalah mengarahkan kendaraan itu ke tepi pisahkan dari rangkaian pawai.

“Begitu juga dengan kendaraan roda dua, yang pakai knalpot non standart. Personil lalulintas agar menisahkan dari rangkaian,” tambahnya.

Point-point tersebut, nanti akan kembali disampaikan sebelum kegiatan di mulai agar bisa di pahami dan dimengerti peserta pawai takbiran di Kota Bitung.

Ada juga pesan Kapolres Bitung AKPB Alam Kusuma, tidak ada yang ugal-ugalan selama pelaksanaan pawai takbiran.(crz)

Baca juga: Ratusan Personil Polres Bitung Bakal Amankan Pawai Takbiran Hari Raya Idul Adha

Baca juga: Kecelakaan Maut, 3 Orang Tewas, Tabrakan Mobil dengan Kendaraan Pikap

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved