Kasus Covid

Kasus Covid Melonjak, Vaksinasi Booster akan Jadi Syarat Masuk Mal

Vaksinasi booster akan menjadi syarat agar bisa masuk ke ruang publik seperti pusat perbelanjaan (mal) hingga tempat kerja.

Editor: Tirza Ponto
Tribunnews.com
Ilustrasi Vaksin 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kasus terkonfirmasi Covid-19 di sejumlah negara mengalami kenaikan secara signifikan seperti di Prancis, Italia dan Jerman.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, vaksinasi booster akan menjadi syarat agar bisa masuk ke ruang publik seperti pusat perbelanjaan (mal) hingga tempat kerja.

Hal tersebut akan diterapkan paling lambat dua minggu lagi.

Pemberian vaksin booster bagi masyarakat umum di Manado beberapa waktu lalu. Imunisasi, booster menjadi salah satu upaya untuk melawan pandemi Covid-19.
Pemberian vaksin booster bagi masyarakat umum di Manado beberapa waktu lalu. Imunisasi, booster menjadi salah satu upaya untuk melawan pandemi Covid-19. (Tribun Manado/Fernando Lumowa)

Baca juga: Aston Manado Hotel Gelar Kegiatan Vaksinasi Booster

Kasus covid di Singapura, sebagai negara tetangga Indonesia pun mengalami kenaikan signifikan.

Kendati demikian, kabar baiknya, Indonesia menempati posisi terendah pada kasus harian terhadap populasi, jika dibandingkan beberapa negara tetangga lainnya.

Luhut menuturkan kenaikan kasus Covid-19 diakibatkan oleh subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang juga ditemui di beberapa negara lain.

Sebab itu, dia menekankan meskipun saat ini rasio okupansi tempat tidur perawatan pasien (bed occupancy ratio/BOR), tingkat kapasitas rumah sakit dan angka kematian maih tergolong rendah, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Lanjut Luhut, agar meluasnya pandemi Covid-19 ini bisa dikendalikan, maka pemerintah juga masih akan mengandalkan pembatasan aktivitas melalui PPKM.

Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Gelar Vaksinasi bagi pegawai dan masyarakat umum
Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Gelar Vaksinasi bagi pegawai dan masyarakat umum (tribunmanado.co.id/Majer Lumantow)

"Pemerintah hingga hari ini masih dan akan terus memberlakukan aturan PPKM Jawa-Bali hingga waktu yang masih belum ditentukan. Semua akan mengikuti hasil evaluasi yang dipimpin langsung oleh Presiden secara berkala," kata Luhut, Senin (7/4/2022).

Bahkan, pemerintah akan kembali mewajibkan syarat bepergian. Namun bukan dengan syarat tes PCR sebagaimana aturan lama, namun kini diganti dengan syarat vaksin booster.

"Pemerintah juga akan kembali menerapkan persyaratan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan baik udara, darat, maupun laut, yang akan dilakukan maksimal dua minggu lagi," kata Luhut.

Luhut mengatakan pemerintah akan mengeluarkan sejumlah aturan yang akan mendorong vaksin booster lebih luas.

Gerai vaksinasi Covid-19 di Mega Mall, Manado, Sulut, Kamis (14/4/2022).
Gerai vaksinasi Covid-19 di Mega Mall, Manado, Sulut, Kamis (14/4/2022). (Tribunmanado.co.id/Isvara Savitri.)

Baca juga: Belum Vaksinasi Covid-19, 17 Ribu Calon Jemaah Haji Terancam Batal Berangkat

"Untuk mendorong vaksinasi booster, syarat perjalanan dan masuk tempat umum seperti mal dan perkantoran, akan diubah jadi vaksinasi booster," ucap Luhut.

"Sentra vaksinasi di berbagai tempat, seperti bandara, stasiun kereta, terminal, dan pusat perbelanjaan juga akan diaktifkan kembali untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksinasi," kata dia lagi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved