Berita Minsel

Poltekkes Kemenkes Manado Sulawesi Utara Lakukan Trauma Healing untuk Korban Bencana Pantai Amurang

Poltekkes Kemenkes Manado, Sulawesi Utara jurusan Kebidanan kembali mengunjungi korban bencana pantai Amurang

Penulis: Manuel Mamoto | Editor: Chintya Rantung
Isak Momoto/Tribun Manado
Trauma Healing dari Poltekkes Kemenkes Manado di Pos Pengungsian korban bencana pantai Amurang . 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Poltekkes Kemenkes Manado, Sulawesi Utara jurusan Kebidanan kembali mengunjungi korban bencana pantai Amurang yang ada di Pos Pengungsian di Kelurahan Uwuran Dua.

Sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap korban bencana yang terjadi di pantai Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan Sulawesi utara beberapa waktu lalu.

Kunjungan Poltekkes Manado Jurusan Kebidanan, Senin (4/6/2022) juga menggandeng Jurusan Keperawatan melakukan Interprofesional collaboration Asuhan Kebidanan Komplementer Trauma Healing dan Bantuan Hidup Dasar pada situasi krisis dan penanggulangan bencana.

"Jurusan kebidanan Poltekes Manado Bekerjasama dengan jurusan keperawatan. kembali datang untuk memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi korban yang terkena bencana diantaranya melakukan Trauma healing, untuk melihat seberapa jauh dampak bencana terhadap kehidupan mereka setelah 3 Minggu pasca bencana," ujar Atik Purwandari Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado.

Atik menambahkan kalau kunjungan mereka kali ini sekaligus memberikan donasi bantuan yang dikumpulkan.

"Selain melakukan Trauma healing kami juga datang menyalurkan bantuan berupa donasi yang sudah dikumpulkan dari alumni kebidanan, dosen dan pegawai serta mahasiswa," kata Atik.

Dia juga menjelaskan kegiatan yang mereka lakukan disana bertujuan mengembalikan Kepercayaan para korban yang terdampak bencana pada keadaan seperti semula sebelum bencana menimpa mereka.

Pada kesempatan yang sama juga Ersom Kanine salah satu Dosen jurusan Keperawatan menjelaskan soal kedatangan mereka saat itu memberikan bantuan pshykososial.

"Setelah kami identifikasi mereka perlu pemulihan pshykososial mulai dari ibu hamil sampe lansia. Jadi kami datang lakukan trauma healing serta eksersais bagi mereka," jelas Ersom.

Pantauan Tribun Manado di pos pengungsian anak-anak merasa terhibur dengan kegiatan yang dilakukan oleh tim Poltekkes Kemenkes Manado mulai dari ibu hamil, anak -anak sampai orang dewasa dan lansia. (Isak)

Baca juga: Bupati Joune Ganda Serahkan Dana Duka Rp 3 Juta Kepada 176 Ahli Waris di Minut Sulawesi Utara

Baca juga: Tessy Srimulat Ungkap Detik-detik Sang Istri Menghembuskan Napas Terakhir: Kita Barengan 56 Tahun

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved