Berita Sitaro

Dinas Pangan dan Pertanian Pastikan Belum Temukan Kasus PMK di Kabupaten Sitaro

Pengawasan hewan ternak terus dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/Tribun Manado
Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengawasan hewan ternak terus dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro)

Meski jumlah hewan ternak Sapi di daerah berjuluk Negeri 47 Pulau itu terbilang sedikit, namun pengawasan terhadap hewan ternak tetap rutin dilakukan.

Langkah ini diambil guna mengantisipasi penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Sitaro, khususnya jelang perayaan Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian Sitaro, Henny Takarendehang mengatakan, belum lama ini pihaknya baru selesi melakukan pemeriksaan hewan ternak Sapi.

"Sejauh ini kami belum menemukan adanya virus PMK pada ternak Sapi di Kabupaten Sitaro," ujar Takarendehang saat ditemui wartawan, Senin (4/7/2022) di ruang kerjanya.

Dalam menyambut perayaan Idul Adha 1443 Hijriah kali ini, Dinas Pangan dan Pertanian Sitaro bakal berkoordinasi dengan Kantor Karantina guna mencegah masuknya hewan kurban yang terpapar virus PMK.

"Yang kita antisipasi ketika ada hewan kurban yang masuk dari luar daerah. Makanya kita akan koordinasi dengan pihak Karantina," beber Takarendehang.

Dari catatan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sitaro, jumlah hewan ternak Sapi di Sitaro sebanyak 48 ekor yang terbaik atas 45 ekor di wilayah Siau dan tiga ekor di wilayah Tagulandang.

Terkait penyebaran virus PMK ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak melalui Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022.

“Menetapkan: Keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang penetapan status keadaan tertentu darurat penyakit mulut dan kuku,” bunyi Surat Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved