Berita Sulut

Dihadiri Gubernur Sulut, Bupati Royke Roring Lantik 98 Hukum Tua di Kabupaten Minahasa

Bupati Royke Roring melantik 98 Hukum Tua di Kabupaten Minahasa. Pelantikan tersebut dihadiri Gubernur Sulut.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Lumantow.
Bupati Minahasa Royke Roring melantik 98 Hukum Tua di Kabupaten Minaha. Pelantikan yang berlangsung di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Kamis (30/6/2022), itu turut dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 98 Hukum Tua (Kumtua) terpilih dilantik di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Kabupaten Minahasa, Kamis (30/6/2022).

98 Hukum Tua di Kabupaten Minahasa ini dilantik Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Pelantikan secara serentak 98 Kumtua ini dihadiri Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Kapolda Sulawesi Utara Drs Irjen Pol Mulyatno, SH,MM, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, SE.

Sebelumnya, Kadis PMD Jeffry Tangkukulung SH MAP membawakan laporan sekaligus membacakan Surat Keputusan Bupati Minahasa terkait pengangkatan dan pelantikan Hukum Tua terpilih.

Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan 98 Kumtua terpilih oleh Bupati Minahasa Royke Octavian Roring dan penandatanganan nota kesepakatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE mengucap syukur karena di Kabupaten Minahasa hari ini telah diadakan pelantikan Kumtua secara serentak.

"Atas nama Pemerintah Provinsi saya mengucapkan selamat bagi para Kumtua terpilih di 98 Desa di Kabupaten Minahasa," kata Gubernur Olly Dondokambey.

Dikatakan Gubernur, bahwa Setiap pemimpin tentu mempunyai impian dan harapan yang akan diwujudkan termasuk Kumtua di 98 Desa dari 22 Kecamatan yang baru saja dilantik.

"Tentu secara resmi mulai hari ini mereka mengemban tugas yang mulia, karena kepercayaan rakyat ada di pundak bapak/ibu," ungkap Gubernur Olly.

Sementara itu, Bupati Minahasa Dr. Ir Royke Octavian Roring, MSi menyampaikan ucapan terima kasih pada pelantikan Kumtua di tahun 2022 ini.

"Karena sebagaimana kita ketahui Pemkab Minahasa telah melaksanakan Pilhut secara serentak di 98 desa di 22 kecamatan penyelenggara," ujarnya. 

Kata dia, pilhut ini dimaksud untuk mengisi secara definitif jabatan Kumtua yang telah berakhir masa periode kepemimpinan sampai dengan akhir tahun 2021 lalu.

Saat ini, lanjut Bupati, jabatan Kumtua diisi oleh Plt Kumtua.

Hal ini juga sekaligus menjawab kerinduan masyarakat di desa untuk mempunyai sosok pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved