Nasional

Wakil Presiden Indonesia Dorong MUI Buat Fatwa Penggunaan Ganja untuk Medis: Ada Kriteria

MUI diminta membuat fatwa terkait penggunaan ganja untuk keperluan medis. Tentunya, fatwa tersebut akan dijadikan pedoman.

Editor: Isvara Savitri
Twitter @Kiyai_MarufAmin
Wapres Maruf Amin. Maruf meminta MUI bikin fatwa soal ganja untuk medis. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hingga saat ini, penggunaan ganja di Indonesia masih dilarang.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin.

Namun, selaku Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf meminta MUI mempertimbangkan penggunaan ganja untuk medis.

Ma'ruf pun meminta MUI membuat fatwa yang tegas.

"MUI ada keputusannya ya, bahwa memang kalau ganja itu dilarang, sudah dilarang. Masalah kesehatan itu MUI segera buat fatwa baru, kebolehannya itu, artinya ada kriteria," kata Wapres Ma'ruf di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Fatwa tersebut, kata Ma'ruf, bakal menjadi pedoman bagi anggota legislatif dalam merumuskan aturan mengenai penggunaan ganja untuk medis.

Menurut Ma'ruf, fatwa ini dibuat agar regulasi yang dibuat tidak menimbulkan kemudaratan.

"Nanti MUI segera buat fatwanya untuk bisa dipedomani DPR. Jangan sampai nanti berlebihan dan menimbulkan kemudaratan," ucap Ma'ruf.

Mengenai penggunaan ganja untuk medis, Ma'ruf mengungkapkan terdapat beberapa varietas ganja. MUI, menurut Ma'ruf, akan membuat fatwa yang berkaitan dengan jenis ganja tersebut.

"Ada berbagai spesifikasi itu ya ganja itu. Ada varietasnya. Supaya MUI nanti buat fatwa yang berkaitan dengan varietas-varietas ganja itu," terang Ma'ruf.

Sebelumnya, penyanyi Andien menggunggah foto seorang ibu yang menyuarakan kebutuhan ganja untuk pengobatan anaknya yang mengalami Celebral Palsy.

Unggahan itu pun viral di medis sosial dan jadi perbincangan banyak pihak.

“Tadi di CFD ketemu seorang Ibu yang lagi bareng anaknya (sepertinya ABK) bawa poster yang menurutku berani banget, pas aku deketin beliau nangis,” tulis Andien melalui akun twitter pribadinya.

“Ternyata namanya Ibu Santi. Anaknya, Pika mengidap Cerebral Palsy. Kondisi kelainan otak yang sulit diobati, dan treatment yang paling efektifnya pake terapi minyak biji ganja/CBD oil,” sambungnya dalam cuitan lainnya.

Baca juga: Mengenal IPWP, Organisasi Internasional yang Dukung KKB Papua, Berisi Elite Politik Dunia

Baca juga: Gempa Guncang Wilayah Indonesia Rabu 29 Juni 2022, Baru Saja Guncangan di Laut, Info BMKG Magnitudo

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved