Berita Nasional

Akhirnya Terungkap Penyebab Pesawat Kepresidenan Berputar 360 Derajat di Atas Wilayah Turki dan Iran

Pesawat GIA-1 Boeing 777-3U3 (ER) tersebut berputar 360 derajat saat Pesawat akan ke Jerman.

Twitter Gerry Soejatman @GerryS
Ramai jadi sorotan pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi sempat memutar di atas perbatasan Turki dan Iran 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ramai kabar pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi untuk lawatan perdamaian Ukraina dan Rusia dari Jerman, diketahui memutar balik di atas wilayah Turki dan Iran

Ada apa sebernya terjadi?

Akhirnya terungkap penyebab Pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk lawatan ke Jerman, Ukraina, Rusia dan Uni Emirates Arab, dikabarkan sempat memutar balik di atas wilayah Turki dan Iran.

Baca juga: Megawati Sukarnoputri: Saya Bilang Jangan, Masih Saja Korupsi, Pecat Keluarkan Dia dari PDIP

Pesawat GIA-1 Boeing 777-3U3 (ER) tersebut berputar 360 derajat saat Pesawat akan ke Jerman.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan pesawat berputar untuk menyesuaikan waktu ketibaan di Munich Jerman.

“Hal itu berkaitan dengan waktu ketibaan di Munich, Jerman, dimana pesawat GIA-1 diperkirakan tiba lebih cepat dari slot waktu yang disediakan,” kata Bey kepada Tribunnews.com, Senin, (27/6/2022).

Ia mengatakan pilot melakukan holding guna menyesuaikan waktu ketibaan dengan tetap mengutamakan aspek keselamatan, keamanan  dan kenyamanan penerbangan.

Sebelum berputar, Pilot sudah mengkomunikasikan dan mendapat persetujuan dari Sekretaris Militer Presiden.

“Dan hal itu sudah dikomunikasikan dan disetujui Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono yang turut serta dalam penerbangan tersebut,” katanya.

Sebelumnya pengamat penerbangan Gerry Soejatman sempat menuliskan di akun Twitternya @GerryS mengenai kejanggalan penerbangan pesawat rombongan presiden Jokowi saat berada di atas wilayah Turki. Kejanggalan tersebut dapat dilihat di situs flightradar24.

"Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden... hal seperti ini menimbulkan pertanyaan... kenapa berputar 360?,” cuit Gerry.

Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Pemerintahan akan Dipimpin Maruf Amin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke empat negara di antaranya Jerman, Ukraina , Rusia, dan Uni Emirates Arab.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved