Pupuk Kaltim

Cerita Sukses Kelompok Penyandang Disabilitas Binaan Pupuk Kaltim

Siti Marlina, pendiri Inbis Permata Bunda memaparkan ada ketakutan terbesar bagi para penyandang disabilitas setelah lulus SLB.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Handhika Dawangi
Istimewa/Dok. PKT
Pupuk Kaltim peduli penyandang disabilitas lewat program Sustainable Entrepreneurship Program for Disability dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bersama Inkubator Bisnis Pertama Bunda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akses penyandang disabilitas terhadap pekerjaan, nyatanya masih jauh dari kata mudah.

Hal ini pun semakin sulit dengan adanya pandemi sejak 2020 lalu.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di tahun 2021 lalu mengungkapkan, setidaknya ada 17,74 juta orang penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang merupakan penyandang disabilitas.

Namun dari jumlah tersebut, baru 7,8 juta orang saja yang masuk ke angkatan kerja.

Minimnya akses pekerjaan bagi penyandang disabilitas ini, terjadi baik di perkotaan maupun perdesaan.

Pupuk Kaltim peduli penyandang disabilitas lewat program Sustainable Entrepreneurship Program for Disability dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bersama Inkubator Bisnis Pertama Bunda.

Pupuk Kaltim peduli penyandang disabilitas lewat program Sustainable Entrepreneurship Program for Disability dari PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) bersama Inkubator Bisnis Pertama Bunda. (Istimewa Dok. PKT)

Data BPS di tahun yang sama juga menemukan bahwa berdasarkan wilayahnya, persentase pekerja disabilitas di perkotaan turun dari 0,24 persen menjadi 0,15 persen.

Di pedesaan, persentase pekerja disabilitas turun dari 0,34 persen menjadi 0,20 persen.

Hal ini bukan hanya bagi kaum difabel yang memiliki keterbatasan pendidikan, lulusan dari SLB pun kerap masih kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Hal ini diungkapkan Siti Marlina, wanita berumur 34 tahun yang berasal dari Kota Bontang, Kalimantan Timur, pendiri Inkubator Bisnis (Inbis) Permata Bunda.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved