Gempa Bumi

Gempa Kuat Magnitudo 5,9 SR Guncang Afghanistan, 1.000 Orang Tewas Terasa Hingga Pakistan

Gempa bumi kuat mengguncang Afghanistan, menewaskan kurang lebih 1.000 orang dan menghancurkan ribuan rumah.

Istimewa
Gempa Kuat Magnitudo 5,9 SR Guncang Afghanistan, 1.000 Orang Tewas Terasa Hingga Pakistan 

KOMPAS.com - Gempa bumi kuat mengguncang Afghanistan, menewaskan kurang lebih 1.000 orang dan menghancurkan ribuan rumah.

Serta lebih dari 1.500 orang mengalami luka-luka diberitakan Aljazeera, Rabu (22/6/2022)

Gempa berkekuatan M 5,9 mengguncang bagian-bagian terpencil Afghanistan timur dan negara tetangga Pakistan

Menurut Departemen Kebudayaan dan Informasi Taliban, saat tim penyelamat berusaha mencapai lokasi bencana di provinsi terpencil Paktika dan Khost, korban tewas akibat gempa kuat di Afghanistan ini mencapai 1.000 orang.

Berdasarkan laporan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa kuat ini terjadi pada Rabu dini hari waktu setempat.

Gempa mengguncang Afghanistan tenggara. Dalam laporan terbaru dikabarkan korban tewas bertambah menjadi sekira 1.000 orang dan 600 orang terluka serta 1.800 rumah hancur.
Gempa mengguncang Afghanistan tenggara. Dalam laporan terbaru dikabarkan korban tewas bertambah menjadi sekira 1.000 orang dan 600 orang terluka serta 1.800 rumah hancur. (Twitter/PanraAfg)

Lembaga ini merevisi kekuatan gempa yang awalnya diperkirakan bermagnitudo 6,1 menjadi M 5,9.

USGS mengatakan bahwa pusat gempa bumi di Afghanistan ini berada di sekitar 46 km dari kota Khost, dekat perbatasan Pakistan.

"Orang-orang menggali kuburan demi kuburan. Hujan juga turun, dan semua rumah hancur. Orang-orang masih terjebak di bawah reruntuhan," kata Muhammad Amin Huzaifa, kepala Departemen Penerangan dan Kebudayaan di Paktika yang terpukul keras.

Baca juga: Gempa Magnitudo 6.1 SR Rabu 22 Juni 2022, Sebanyak 250 Orang Tewas, Ini Lokasinya

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Afghanistan ini diperkirakan akan meningkat, menurut pejabat kementerian dalam negeri Salahuddin Ayubi sebelumnya.

Sebab, beberapa desa berada di daerah terpencil di pegunungan dan membutuhkan waktu untuk dapat merinci data korban gempa tersebut.

Dilaporkan jurnalis Afghanistan Ali M Latifi dari Kabbul, orang-orang sejauh ibukota Afghanistan, sekitar 200 km merasakan gempa susulan.

“Komite penyelamat internasional mengatakan mereka telah mengerahkan tim medis lokal untuk mencoba dan menanggapi bencana,".

"Masalah terbesar adalah bagaimana mencapai lokasi karena jauh dari ibu kota provinsi, dan kondisi jalannya bisa sulit. Jadi sebenarnya masalahnya adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan mereka untuk sampai ke sana," kata jurnalis Afghanistan itu.

Gempa kuat guncang Afghanistan berkekuatan M 5,9, guncangan gempa bumi ini juga dilaporkan terasa di dua negara tetangga, Pakistan dan Iran.

Gempa Bumi 5,9 SR Guncang Afghanistan, 1000 Orang Tewas dan 2000 Rumah Hancur
Gempa Bumi 5,9 SR Guncang Afghanistan, 1000 Orang Tewas dan 2000 Rumah Hancur (AFP)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved