Kabar Papua

PBB: ''Tidak Ada Pelanggaran HAM di Papua''

PBB tidak menyoroti adanya pelanggaran HAM di Papua. Menko Polhukam Mahfud MD berikan penjelasan.

Editor: Frandi Piring
Foto: dok. Twitter Indonesian Mission UN
PBB menganggap Tidak Ada Pelanggaran HAM di Papua. Potret Duta Besar Dian Triansyah Djani mengibarkan bendera Indonesia di Markas PBB di New York. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pihak Persatuan Bangsa-Bangsa ( PBB ) melalui Dewan Hak Asasi Manusia ( HAM ) menganggap bahwa  persoalan HAM di Papua tidak ada.

PBB tidak menyoroti adanya pelanggaran HAM di Papua.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Kamis (16/6/2022).

Bahkan, Indonesia tidak menjadi salah satu negara yang dinilai memiliki persoalan dalam penanganan kasus-kasus pelanggaran HAM dalam sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Senin (13/6/2022).

Mahfud hadir dalam sidang tersebut.

Dia juga bertemu dengan Komisi Tinggi HAM.

“Kalau saudara buka website Dewan HAM PBB yang pidato kemarin itu ndak ada, Indonesia itu bersih dari masalah Papua,” tutur Mahfud dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/6/2022).

Ia mengklaim, penanganan persoalan HAM di Infonesia tidak pernah disinggung dalam sidang Dewan HAM PBB sejak tiga tahun lalu.

“Hal ini berarti kita sudah mengalami kemajuan dengan mengomunikasikan dengan proporsional mengenai perlindungan dan penegakan HAM,” sebutnya.

Di sisi lain, Mahfud menyampaikan, laporan- laporan yang disampaikan oleh berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) terkait persoalan HAM di Indonesia itu disampaikan melalui human rights council’s special procedures mandate holders (SPMH).

Unit itu, lanjut dia, berada di bawah Dewan HAM PBB yang bertugas menerima laporan dugaan pelanggaran HAM dari berbagai negara

Ia menjelaskan setelah menerima laporan tersebut, SPMH bakal melakukan proses klarifikasi pada pemerintah negara tersebut.

“Seperti Indonesia, banyak laporan dari LSM, melaporlah ke SPMH, mengumumkan ada laporan, itu bukan dari Dewan HAM PBB, tapi dari SPMH,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved