Berita Sitaro

Kelurahan Paseng Siau Barat Wakili Polres Sitaro pada Penilaian Lomba Tiga Pilar Tingkat Polda Sulut

Lomba Tiga Pilar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang digelar Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

(Vian Hermanses/tribunmanado.co.id)
Tim Penilai Loma Tiga Pilar dari Polres Sitaro meninjau kantor Kelurahan Paseng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kelurahan Paseng Kecamatan Siau Barat Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terpilih mewakili Polres Kepulauan Sitaro dalam penilaian lomba di tingkat Polda Sulawesi Utara.

Yang diikuti adalah Lomba Tiga Pilar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara yang digelar Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Perlombaan ini diselenggarakan guna meningkatkan sinergitas dan kekompakan tiga pilar utama di setiap jajaran pemerintahan kelurahan dan kampung, yakni TNI, Polri dan pemerintah.

Kasat Binmas Polres Kepulauan Sitaro, AKP Viktor Kepel menjelaskan, pelaksanaan lomba Tiga Pilar menjadi bagian dari peringatan HUT ke-76 Bhayangkara.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas dari unsur Polri, Babinsa dari TNI serta Lurah atau Kepala Desa dari unsur pemerintah," terang Kepel.

Adapun aspek-aspek penilaian dalam perlombaan ini meliputi Sarana Prasarana berupa kantor tiga pilar, struktur organisasi, peta desa/kelurahan, tabulasi kegiatan serta kejahatan dan bencana alam.

"Untuk operasional yang jadi penilaian antara lain problem solving atau penyelesaian masalah, sistem keamanan lingkungan serta inovasi dan terobosan kreatif," ujar Kepel.

Dari proses penilaian yang dilakukan Tim Penilai Polres Kepulauan Sitaro, Kelurahan Paseng terpilih menjadi utusan Polres Sitaro karena dianggap memenuhi berbagai aspek penilaian yang ada dalam Lomba Tiga Pilar ini.

"Salah satu yang paling menonjol di Kelurahan Paseng ini adalah capaian vaksinasi tahap pertama yang telah mencapai 100 persen. Dan ini boleh terwujud berkat kerja sama tiga pilar yang ada," sebutnya.

Tak hanya itu, Kelurahan Paseng tercatat sebagai wilayah di Kabupaten Sitaro yang paling minim dalam hal jumlah laporan permasalahan hukum, baik di tingkat Polsek maupun Polres.

"Pemasalahan yang muncul semua langsung ditangani oleh pemerintah setempat. Hal ini menandakan bahwa tiga pilar sangat berperan dalam penyelesaian masalah di tengah masyarakat," ungkap Kepel.

"Demikian pula dengan penilaian di bidang sarpras. Seperti yang kita lihat bersama di kantor ini (Kelurahan Paseng) semuanya lengkap sampai dengan struktur, data maupun peta kelurahan," sambungnya.

Sementara itu, Lurah Paseng Alfred Kasehung menyatakan kesiapannya dalam mengikuti penilaian Lomba Tiga Pilar di tingkat Polda Sulawesi Utara.

"Tentu hal ini (utusan Polres Sitaro) menjadi kebanggaan bagi kami. Dan kami pun siap mengikuti penilaian lomba ini," ungkap Kasehung. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved