Sulawesi Utara

Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh & Melky Pangemanan Bantu Beri Info Migrasi Siaran Analog ke Digital

2 Anggota DPRD Sulut Fabian Kaloh dan Melky Pangemanan, Gencar bantu beri informasi tentang Migrasi Siaran Analog ke Digital.

Tribun Manado/Christian Wayongkere
Dua anggota DPRD Sulut dari Komisi I Fabian Kaloh dan Melky Pangemanan, bersama KPID Sulut sosialisasi ASO. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dua Anggota DPRD Provinsi Sulut, membantu pihak Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) terkait dengan migrasi siaran analog ke digital.

Mereka adalah Fabian Kaloh dan Melky Pangemanan dari Komisi I DPRD Sulut.

“Migrasi siaran analog ke sistem digital, cocok dan tepat diterapkan ke Kota Bitung. Karena sesuai visi misi Wali kota Bitung Maurits Mantiri dan Wakil walikota yakni Bitung kota digital,” kata Fabian Kaloh, dalam Sosialisasi sosialisasi Program Nasional Switch Off (Aso) tahun 2022 migrasi Siaran Analog ke Digital di Kota Bitung, Senin (13/6/2022).

Dengan begitu, Fabian Kaloh meyakini Kota Bitung akan unggul dari daerah lainnya.

Maka dari itu, lurah dan perangkat harus berpikir digital minimal memiliki smart phone.

Lanjutnya, rencana migrasi dari siaran Analog ke Digital secara perlahan adan di cut off sistem pada tanggal 2 November 2022.

Menurutnya, memang sudah gunakan sistem digital tapi lewat perangkat yang berbayar, kalau antena mandra kurang bagus.

Langkah dan upaya, dari pemerintah pusat melakukan migrasi siaran Analog ke Digital, patut di syukuri sehingga tidak perlu lagi sambung tv kabel berbayar setiap bulan.

“Cukup pakai perangkatnya, sehinga sudah bisa mendapat beberapa kanal atau siaran. Siarannya lebih, terang, bagus dan berkualitas ketika beralih ke sistem digital,” terang Fabian Kaloh.

Katanya lagi, kallau terus pakai analog akan kehilang sumber daya yang terbatas, dengan baru ini, bisa hemat frekuansi ketika akan menghadapi era 5.0.

Dia menilai, keberadaan informasi saat ini lewat berbagai platforn media digital namun ada perimbangan dalam bebas berekspresi tapi ada hoax sehingga jika melalui tv digital ada perimbangannya.

Dia harap, camat dan lurah sosialsiasi ke masyarakat agar tahu bahwa kedepan siapkan antena madra, kalau masih tv analog akan dibantu pemerintah set top box (STB).

Kepada Pemkot Bitung, di mewarning terkait dengan pendataan pemberian bantuan STB Jangan sampai yang dapat orang dekat pejabat hingga orang yang mampu.

“Berikan kepada meraka yang kurang mampu yang masih pakai tv analog dan benar-benar layak memperoleh bantuan,” tegasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved