Berita Sitaro

Diawali Apel Gelar Pasukan, Operasi Patuh Samrat 2022 di Sitaro Dimulai, Ini Sasarannya

Selama dua pekan kedepan, jajaran Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan menggelar Operasi Patuh Samrat 2022.

(Vian Hermanses/tribunmanado.co.id)
Kapolres Sitaro, AKBP Hansjen Ratag menyematkan pita tanda operasi kepada tiga perwakilan anggota. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado- Selama dua pekan kedepan, jajaran Polres Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan menggelar Operasi Patuh Samrat 2022.

Digelar mulai hari ini Senin 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022. 

Bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait tertib berlalu lintas serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Adapun sasaran pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2022 ini antara lain meliputi potensi gangguan yang menyebabkan kemacetan, berbagai pelanggaran lalu lintas serta kendaraan angkutan barang yang Over Dimension dan Over Loading atau Odol.

Dimulainya Operasi Patuh Samrat 2022 ini ditandai dengan apel gelar pasukan yang berlangsung di Mako Polres Sitaro dan dipimpin langsung Kapolres AKBP Hansjen Ratag, Senin (13/6/2022).

Dalam kegiatan apel, Ratag menyampaikan amanat tertulis Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol. Mulyatno dihadapan seluruh peserta yang terdiri dari unsur Polri, TNI serta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga operasi ini dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan sasaran dan tujuan," kata Ratag, mengutip amanat tertulis Kapolda Sulut.

Operasi Patuh Samrat 2022 kali ini, seluruh jajaran kepolisian, khususnya di Sulawesi Utara diminta memprioritaskan kegiatan yang mampu menarik simpati masyarakat.

"Melakukan deteksi dini serta pemetaan terhadap lokasi dan kegiatan yang dapat menimbulkan kemacetan dan pelanggaran berlalu lintas," ujar Ratag.

"Melakukan pembinaan dan penyuluhan bagi masyarakat terkait tertib berlalu lintas melalui sosialisasi di media sosial, pemasangan baliho maupun media cetak dan elektronil," ungkap Ratag.

Selain itu, aparat kepolisian yang akan terlibat dalam operasi diingatkan untuk memberikan edukasi ke masyarakat selaku pengguna jalan agar terbangun kesadaran tertib dalam berlalu lintas dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Melakukan tindakan hukum dengan tilang elektronik secara gratis dan mobile serta memberikan teguran terhadap pelanggar guna menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas," ungkap Ratag.

Dalam apel tersebut, tiga orang perwakilan dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro menerima penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres AKBP Hansjen Ratag pertanda dimulainya kegiatan operasi Patuh Samrat 2022. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved