UEFA Nations League

Wales vs Belanda: Badai Depay, Dia Telah Terlibat 19 Gol dalam 12 Laga Terakhir di Tim Oranje

Siapa bisa menandingi Memphis Depay di level internasional saat ini? Striker Belanda berusia 28 tahun ini semakin menggila

Editor: Aswin_Lumintang
AFP/JOHN THYS
Memphis Depay Hattrick - Striker Timnas Belanda Memphis Depay (kiri) melakukan selebrasi dengan rekannya setelah mencetak gol ke gawang Turki pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Selasa (7/9/2021). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, CARDIF - Siapa bisa menandingi Memphis Depay di level internasional saat ini? Striker Belanda berusia 28 tahun ini semakin menggila bersama tim Oranye --hal yang bertolak belakang dengan kiprahnya yang melempem di Barcelona.

Di laga terakhir, Depay memborong dua gol saat Belanda menggilas Belgia 4-1 pada laga perdana Nations League (4/6) lalu. Itulah gol ke-41 Depay untuk negaranya dari 78 pertandingan.

Donny Ellmalen dan Memphis Depay merayakan gol yang dicetak oleh Georginio Wijnaldum ke gawang Makedonia Utara di Euro 2021 Selasa (22/6) dini hari WIB.
Donny Ellmalen dan Memphis Depay merayakan gol yang dicetak oleh Georginio Wijnaldum ke gawang Makedonia Utara di Euro 2021 Selasa (22/6) dini hari WIB. (Instagram @onsoranje)

Kontribusinya semakin terasa jika dihitung pula dengan jumlah assistnya yang mencapai 29. Dengan demikian, dari 78 laga dia terlibat dalam dalam 70 gol, atau hampir tiap pertandingan selalu terlibat dalam gol.

"41 gol, dan bakal terus bertambah," tulis Depay di akun twitter usai laga kontra Swiss. Saat ini, dia hanya kalah oleh Klaas Jan Huntelaar (42 gol), dan Robin van Persie (50) dalam daftar topskor sepanjang masa tim Oranye.

Mengingat usianya yang masih 28 tahun, dan performanya yang terus menanjak, Depay diprediksi bisa segera melewati rekor van Persie. Sebagai catatan, dalam 12 laga terakhir untuk Belanda, dia sukses mengemas 14 gol, dan lima assists.

Kini, Depay siap menambah lagi pundi golnya saat Belanda menyambangi markas Wales, Stadion Cardiff City, dalam laga ke-2 league A Grup 4, Kamis (9/6) dini hari nanti.

Di stadion ini, dua hari lalu, puluhan ribu fan Wales berpesta-pora merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022.

Penantian selama 64 tahun terpecahkan lewat tendangan bebas sang kapten fantastis, Gareth Bale yang terkena kepala Andrii Yarmolenko hingga bersarang di gawang Ukraina.

 
Euforia rakyat Wales masih berdenyut sepertinya, namun para pemain tim berjuluk "Naga" ini harus segera bersiap menyambut kedatangan Belanda. Dalam laga pertama Nations League (1/6) lalu, Wales kalah 1-2 dari Polandia.

Jika ditekuk lagi oleh Belanda dini hari nanti, mereka bakal terbenam di dasar klasemen. Sementara lawan berikutnya adalah tim kuat, Belgia yang juga mencari kemenangan setelah dipermak tim Oranye di awal turnamen.

Wales yang kini diasuh Rob Page telah menghabiskan dua tahun bersaing untuk bisa promosi dari Liga B ke Liga A ini.

Dan kekalahan dari Polandia merupakan satu-satunya kekalahan mereka dalam sebelas laga terakhir di semua turnamen.

Rekor mentereng Wales ini banyak ditolong dengan sakralnya Stadion Cardiff City sebagai benteng pertahanan mereka. "si Naga" ini tak terkalahkan dalam 19 laga kandang berturut-turut sejak terakhir kalah oleh Denmark di edisi pertama Nations League pada 2018 lalu.

Tapi kini tamu yang datang adalah Belanda. Tim yang sedang naik daun ini terbukti sangat produktif.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved