Kebijakan Pemerintah

Luhut Pandjaitan Tetapkan Tarif Baru Candi Borobudur, Rp 750 Ribu per Orang

Dony mengatakan harga tiket yang dinaikkan menjadi Rp750 ribu per orang bukanlah harga tiket masuk, tapi harga tiket untuk naik ke atas Candi Borobudu

Editor: Indry Panigoro
Tribun Travel
Pemandangan Candi Borobudur 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar mengejutkan datang dari pemerintah pusat.

Ini soal Candi Borobudur.

Ya diketahui baru-baru ini masyarakat ramai membicarakan perihal tiket masuk kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah  yang dinaikkan, dan memicu tanggapan banyak orang.

Diberitakan sebelumnya muncul berita, pemerintah berencana ingin menaikkan tiket Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu per orang.

Dilansir Tribun-Bali.com dari Tribunnews.com Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, Dony Oskaria pun memberikan penjelasannya.

Dony mengatakan harga tiket yang dinaikkan menjadi Rp750 ribu per orang bukanlah harga tiket masuk, tapi harga tiket untuk naik ke atas Candi Borobudur.

Untuk tiket masuk Candi Borobudur, Dony menyebut harganya tidak berubah.

"Jangan keliru dengan tiket masuk Borobudur, ya. Tiket masuk tetap, tetapi tiket naik ke candi yang dirubah dalam rangka membatasi," kata Dony dilansir Kompas.com, Minggu 5 Juni 2022.

Sementara itu dilansir laman resmi borobudurpark.com, harga tiket masuk ke Candi Borobudur adalah Rp 50 ribu untuk orang dewasa dan Rp 25 ribu untuk anak-anak.

Sementara itu untuk wisatawan mancanegara dikenai harga sebesar Rp 350 ribu untuk orang dewasa dan Rp 210 ribu untuk anak-anak.

Lebih lanjut Dony menuturkan, wacana kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur ini diambil berdasarkan masukan dan pertimbangan para ahli, khususnya Dirjen Kebudayaan Kemendikbud.
 
Faktor konservasi untuk menjaga keberlangsungan candi juga menjadi fokus utama dalam menetapkan jumlah kunjungan yang bisa menaiki Candi.

Agar nantinya kunjungan wisatawan tidak berdampak pada kerusakan peninggalan bersejarah tersebut.

Luhut Tetapkan Tarif Baru Candi Borobudur: Wisatawan Lokal Rp750 Ribu, Turis Asing 100 Dolar

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga tiket naik Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved