Breaking News:

Sulut

Ini Kata Pengamat Politik Sulut Soal Peluang Koalisi 3 Parpol di Pilres 2024

Tumbelaka menilai hal ini otomatis sebagai langkah awal konsolidasi kekuatan dengan bonus hadirnya kekuatan tawar dan posisi tawar politik.

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Handhika Dawangi
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Taufik Tumbelaka 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan, banyak elit politik atau pemimpin partai politik (parpol) menyadari bahwa tidak bisa mengandalkan kekuatan 1 - 2 parpol jika ingin memenangkan Pemilu Presiden.

Menurutnya, ketatnya persaingan sangat disadari para pemimpin parpol.

"Adanya koalisi partai untuk memperbesar probabilitas kemenangan jika melihat konstelasi politik yang ada, maka koalisi sudah seperti pilihan mutlak," jelas Tumbelaka, Minggu (5/6/2022).

Terkait adanya upaya koalisi 3 Parpol yakni Golkar, PAN, dan PPP, Tumbelaka menilai hal ini otomatis sebagai langkah awal konsolidasi kekuatan dengan bonus hadirnya kekuatan tawar dan posisi tawar politik.

"Langkah cepat 3 parpol ini menjadi menarik karena memang belum ada parpol lain secara tegas melakukan langkah koalisi," ujarnya.

Namun, kata dia, langkah ini tentunya bukan tanpa resiko.

Tetap ada resiko berupa potensi bubar ditengah jalan jika terjadi situasi yang menyebabkan salah 1 kecewa atau muncul kekuatan lain dengan penawaran politik yang menggoyahkan karena tawaran menarik.

"Dan itu biasa terkait pembagian "kue kekuasaan" atau memang terlihat peluang untuk menggapai kemenangan dianggap lebih besar jika meninggalan koasllisi," jelas Tumbelaka.

Lanjutnya, 'menyatunya' 3 parpol ini dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sampai saat ini seperti mendapat angin segar dengan hadirnya Ketua Umum Projo dalam silaturahmi KIB.

"Hal ini dikarenakan Projo dianggap bagian dari kekuatan Jokowi," sebutnya

Kata dia, Jika ini benar-benar terjadi dan nantinya arah angin dukungan politik Jokowi ke KIB, maka probabilitas kemenangan kandidat Presiden dari KIB berpotensi akan naik signifikan. (Mjr)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved