Anak Ridwan Kamil Hilang

Emmeril Kahn Resmi Dinyatakan Meninggal Dunia, Keluarga Ridwan Kamil Tetap Upayakan Pencarian

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) meninggal dunia.

Instagram Emmeril Kahn dan Instagram.com/@engrmartie
Update pencarian putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) meninggal dunia.

Keluarga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), anak Ridwan Kamil, yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, meninggal dunia karena tenggelam.

Namun, hal itu tak akan menyurutkan keinginan pihak keluarga untuk terus mencari keberadaan Eril.

Baca juga: Emmeril Khan Dinyatakan Meninggal, Namun Keluarga Ridwan Kamil Pastikan Pencarian Terus Jalan

Saat ini Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia, sedang dalam perjalanan kembali ke Tanah Air.

Adapun Elpi Nazmuzaman, adik kandung Ridwan Kamil, akan menjadi perwakilan keluarga untuk memantau pencarian Eril.

 "Jadi hari ini saya berada di Swiss sudah sejak hari kemarin ditugaskan oleh pihak keluarga dan pak Ridwan Kamil untuk melanjutkan pemantauan sekaligus mengkoordinasikan berbagai hal yang diperlukan untuk mencari Eril," ucap Elpi dalam konferensi pers virtual dari Swiss, Jumat (3/6/2022) pagi.

Elpi menuturkan, setelah lebih dari sepekan dilakukan, otoritas Kota Bern mengubah status pencarian Eril dari mencari orang hilang (missing person) menjadi orang tenggelam (drowned person).

"Kemudian berkonsultasi baik dengan pihak KBRI. Berdasarkan keterangan yang kami terima dari KBRI, dinyatakan sebagai missing person oleh pihak kepolisian. Tapi pihak kepolisian kini memang didasarkan pada situasi dan laporan hilang karena situasi hanyut dan metode pencarian kami juga mendapatkan informasi sudah fokus untuk mencari Eril dalam keadaan yang bisa dinyatakan sebagai syahid akhirat dalam pandangan kami," ujar dia.

Kang Emil dan Teh Lia Yakini dan Ikhlas Eril Wafat

Keluarga Ridwan Kamil menyatakan bahwa Emmeril Khan Mumtadz (Eril) dinyatakan meninggal dunia.

Hal itu disampaikan kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (3/6/2022).

"Innalillahi wa Innalillahi rajiun, Kang Emil dan Teh Lia sudah menyampaikan bahwa mereka ikhlas dan meyakini bahwa Emmeril Kahn Mumtadz yang kita kenal sebagai Eril sudah wafat berpulang ke rahmatullah karena tenggelam," ujar Erwin.

Erwin mengatakan, sikap itu diputuskan setelah semua pihak sudah melakukan ikhtiar secara maksimal baik yang dilakukan otoritas Swiss maupun pencarian mandiri.

"Sehingga secara ikhtiar itu sudah dipastikan dilakukan semuanya secara maksimal yang dimungkinkan berdasarkan situasi dan kondisi yang ada. Kemudian termasuk di antaranya bahwa otoritas setempat sudah melakukan pencarian yang memang spesifik untuk mencari jenazah," jelasnya.

Untuk diketahui, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/6/2022). Sudah lebih dari sepekan pencarian dilakukan, namun Eril belum ditemukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved