Berita Unik

Felix Gretarsson, Manusia Pertama Dunia yang Terima Transplantasi Tangan Utuh, Kini Bisa Sikat Gigi

Kisah Felix Gretarsson, pria yang sukses menjalani transplantasi tangan utuh, dua lengan dan bahu.

Editor: Frandi Piring
ALMAGOCH via TWITTER
Felix Gretarsson, Manusia Pertama Dunia yang Terima Transplantasi Tangan, Kini Bisa Sikat Gigi. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Nasib beruntung Felix Gretarsson, pria berusia 49 tahun yang jadi orang pertama di dunia menjalani transplantasi tangan utuh, dua lengan dan bahu.

Pria yang berasal dari Perancis itu terpaksa menjalani amputasi dua lengan dan bahunya setelah tersetrum di tempat kerja pada 1998 di Kopavogur, Islandia.

Setelah beberapa dekade tanpa tangan, penduduk asli Islandia itu berhasil meyakinkan ahli bedah untuk melakukan transplantasi lengan dan bahu ganda.

Felix menjalani operasi 15 jam yang melelahkan pada Januari 2021.

Pria yang kini telah menjadi kakek ini sekarang mengejutkan ahli bedah yang melihat kemajuan pemulihan operasi transplantasi yang luar biasa.

Sekarang, dia dapat menyikat giginya sendiri, berjalan dan melempar bola untuk anjingnya dan memeluk anak-anaknya dengan lengan hasil transplantasi.

Terakhir dia memeluk putrinya adalah saat anaknya berusia tiga bulan. Kini dia bahkan bisa memeluk cucunya untuk pertama kalinya.

“Setelah melihat mereka menangis saat bayi dan tidak mampu memeluk mereka, itu (bisa memeluknya sekarang) tak terlukiskan rasanya,” katanya sebagaimana dilansir Daily Mail pada Senin (23/5/2022)

“Baru saja pagi ini kami mengajak anjing kami jalan-jalan dan saya meletakkan tangan saya ke luar jendela dan merasakan angin di tangan saya, itu adalah momen yang sangat aneh.”

Felix mengungkap kegembiraan karena mampu menggaruk tanpa menggosok diri pada beberapa furnitur.

“Anda tidak menyadari ketika Anda kehilangan tangan seberapa sering dalam sehari Anda perlu menyentuh hidung atau mata Anda atau menggaruk kepala Anda, dan sekarang saya terus melakukannya.”

Bagi Felix, kehadiran dua tangan transplantasi ini menjadi hadiah spesial di hari ulang tahunnya ke-50 yang dirayakan minggu depan. Dia pun berencana mengadakan pesta di rumah dan tamannya sebagai ungkapan rasa syukur.

Sensasi menggunakan tangan transplantasi

Menggambarkan apa rasanya memiliki tangan transplantasi, Felix mengatakan awalnya pada titik tertentu dia belum sepenuhnya merasakan “tangan barunya”.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved