Buya Syafii Maarif Meninggal

Kisah Kesederhanaan Buya Syafii Maarif, Hobi Bersepeda dan Naik KRL: Pemobil Enggak Berani Nyalip

Ada banyak kesederhanaan yang ditunjukkan Buya Syafii, bahkan hal itu menjadi inspirasi bagi banyak pihak.

Istimewa/Internet
Kisah Kesederhanaan Buya Syafii Maarif, Hobi Bersepeda dan Naik KRL: Pemobil Enggak Berani Nyalip 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Indonesia Berduka.

Sang Guru Bangsa, Ahmad Syafii Maarif atau biasa dikenal Buya Syafii Maarif meninggal dunia pada hari ini, Jumat (27/5/2022).

Ada banyak kesederhanaan yang ditunjukkan Buya Syafii, bahkan hal itu menjadi inspirasi bagi banyak pihak.

Salah satunya, kebiasaan Buya Syafii yang suka naik sepeda.

Sederhana.

Baca juga: Buya Syafii Maarif, Tokoh Islam yang Aktif di Dunia Pendidikan Pernah Jadi Guru Desa

Barangkali kata itulah yang muncul di benak publik saat mendengar nama Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah yang berpulang pada Jumat (27/5/2022) hari ini.

Potret kesederhanaan Buya Syafii, begitu ia akrab disapa, terlihat ketika fotonya sedang menunggu kereta di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan.

Foto itu viral di media sosial pada medio Agustus 2018.

Dalam foto tersebut, Buya Syafii tampak sedang duduk menunggu kereta di Stasiun Tebet bersama keponakannya, Asmul Khairi.

Pria yang saat itu menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) itu mengenakan batik berwarna coklat dipadukan dengan celana bahan berwarna hitam. Di tangan kirinya terselip sebuah tongkat untuk membantunya saat berjalan.

Direktur Eksekutif Maarif Institute Muhammad Abdullah Darraz mengatakan, foto itu diambil ketika Buya Syafii hendak menuju Istana Kepresidenan Bogor untuk menghadiri acara program Penguatan Pendidikan Pancasila yang digelar oleh UKP-PIP di halaman Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/8/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ketua Dewan UKP-PIP Megawati Soekarnoputri, Mahfud MD, dan mantan Wakil Presiden Try Sutrisno.

"Buya sehari sebelumnya sudah menghubungi bahwa bahwa dia sedang ada di Jakarta. Besoknya mau menghadiri acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila di Istana Bogor," ujar Darraz kepada Kompas.com, 15 Agustus 2017.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved