Berita Talaud

Pemerintah Kabupaten Talaud Pastikan Festival Adat Mane'e Digelar 25 Mei 2022

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Stevenheiner Maarisit kepada Tribun Manado Senin (23/5/2022) mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Rizali Posumah
HO
Prosesi Adat Mane'e di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Talaud memastikan Festival Mane'e bakal digelar pada Rabu (25/5/2022) di Pulau Intata, Kakorotan Kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Stevenheiner Maarisit kepada Tribun Manado Senin (23/5/2022) mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan untuk sukseskan acara tahunan yang mendunia tersebut. 

Festival menangkap ikan dengan janur kelapa yang telah melalui berbagai ritual adat ini juga dikabarkan akan dihadiri sejumlah tamu penting dari luar daerah, termasuk dari kementerian maupun pejabat lainnya. 

"Kita sudah membicarakan itu dengan tokoh-tokoh masyarakat terkait acara yang dimaksud dan semua masyarakat sudah siap melaksanakan kegiatan Mane'e, " katanya.

Ditambahkan Steven di mana saat ini ada tiga kegiatan besar yang dilaksanakan di kabupaten Talaud, di antaranya Paskah Nasional, Gerbangdutas dan Mane'e .

Saat ini para tamu dari pusat dan provinsi sudah berdatangan di Kota Melonguane.

Rencananya untuk kegiatan nanti para tamu akan menuju lokasi menggunakan speedboat yang telah disiapkan Pemkab Talaud.

"Setelah sampai di lokasi para tamu akan dilibatkan dalam kegiatan menangkap ikan secara bersama-sama," ujar Steven.

Sejarah tradisi Mane'e

Dikutip dari Wikipedia berbahasa Indonesia, Mane'e adalah tradisi adat masyarakat Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara yang diwariskan turun-temurun.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved