Sulawesi Utara

Gubernur Olly Dondokambey Gaungkan Terus Mari Jo Bakobong, Disampaikan Saat Raker Ketahanan Pangan

Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw berupaya memberi kontribusi dan sumbangsih di sektor pertanian.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Handhika Dawangi
Tribun Manado/Ryo Noor
Rapat Kerja Pengawasan Ketahanan Pangan di Hotel Luwansa, Kota Manado, Kamis (19/5/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw berupaya memberi kontribusi dan sumbangsih di sektor pertanian.

Hal itu disampaikan Pj Sekprov Sulut, Asiano Gamy Kawatu saat membawakan sambutan Gubernur Olly Dondokambey di Rapat Kerja Pengawasan Ketahanan Pangan di Hotel Luwansa, Kota Manado, Kamis (19/5/2022)

Asiano Gamy Kawatu menyebut dua catatan penting begitu strategisnya sektor pertanian di Bumi Nyiur Melambai

Pertama Produk Domestik Regional Bruto Sulut dalam 10 tahun terakhir ini, kontribusi sektor pertanian ada di atas 20 persen

"NTP (Nilai Tukar Petani) berada di angka 105 bahkan sempat ke 108," ungkap Birokrat yang juga menjabat Asisten Administrasi Umum ini.

Pj Sekprov mengungkapkan, ini mengindikasikan Provinsi Sulut banyak bergantung pada sektor pertanian.

Kedua, dua tahun terakhir ini kata Asiano Gamy Kawatu, Gubernur Olly Dondokambey mencanangkan Program Mari Jo Ba Kobong.

Hal ini disadari Pemerintah, keberadaan petani menopang pembangunan Bumi Nyiur Melambai

Ia mencontohkan, hasil holtikultura atau sayur-sayuran produksi Sulut turut berkontribusi mensuplai pasar yang terbuka di Papua, Maluku, Maluku Utara dan Sulteng.

Ketika Ibukota Negara berpindah ke Kalimantan, Nikel di Sulawesi Tengah makin berkembang, maka Sulut akan menyuplai kebutuhan pangan baik dari sumber pertanian maupun peternakan, hingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut ini.

Ia berharap dalam kegiatan ini nantinya bisa memberikan manfaat guna bagi perkembangan sektor pertanian Sulut, khusus menjamin ketahanan pangan nasional.

Hadir dalam kegiatan ini Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Jan Maringka, Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, Kejati Sulut Edy Birton. (ryo)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved