Nasional Politik

Airlangga Hartarto: 'Partai Koalisi Indonesia Bersatu Suda Memenuhi Syarat Ajukan Calon Presiden'

"Partai Golkar, PAN, dan PPP sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon di dalam pilpres," kata Airlangga Hartarto.

Editor: Frandi Piring
Tribun Jabar
Tiga Ketua Umum Parpol yakni Golkar, PAN dan PPP Kompak Perangi Politik Identitas. Partai Koalisi Indonesia Bersatu Suda Memenuhi Syarat Ajukan Calon Presiden. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) kini menjadi perbincangan publik tanah air.

Diketahui, Partai Golkar, PAN dan PPP bersama-sama membentuk Koalisi tersebut.

Terbaru, KIB disebut telah memenuhi syarat untuk calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang.

Dikutip dari Tribunnews.com, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu sudah memenuhi syarat untuk mengajukan calon presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sebagaimana diketahui, Koalisi Indonesia Bersatu digagas oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) beberapa waktu lalu.

Airlangga menyebut, koalisi tiga partai ini memiliki modal untuk melanjutkan pembangunan di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah 2024.

"Alhamdulillah dengan kerja sama yang berbasis kesetaraan, maka Partai Golkar, PAN, dan PPP sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon di dalam pilpres," katanya, dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com, Rabu (19/5/2022).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini juga menjelaskan, Golkar, PAN, dan PPP merupakan partai yang memiliki pengalaman di pemerintahan dan parlemen serta telah menghadapi krisis 1998, 2008, serta pandemi Covid-19.

Sehingga, mempunyai modal untuk membangun Indonesia.

"Tentu tujuan kita untuk menjadikan Indonesia makmur, kaya, sejahtera dan lolos dari middle income trap, tentunya hanya bisa didorong oleh para ahli dan juga partai-partai yang berpengalaman," ucapnya.

"Dan jangan lupa, Partai Golkar adalah partai tertua dalam kontestasi politik dan dengan koalisi ini alhamdulillah kita bisa mempunyai kursi yang diwakili oleh 24 persen," lanjutnya.

Meski demikian, Airlangga menyatakan, Koalisi Indonesia Bersatu belum membicarakan perihal sosok calon presiden yang akan diusung.

“Itu jilid berikutnya, kita baru jilid satu," ungkap Airlangga dalam acara silaturahmi dengan pengurus Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Adapun sebagai informasi, jumlah kumulatif perolehan kursi Golkar, PAN, dan PPP di parlemen adalah 26,82 persen.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved