Sulawesi Utara

Megawati dan Olly Dondokambey Tonjolkan Budaya Indonesia di Pelantikan Presiden Korsel

Megawati Berkebaya, Olly Dondokambey Kenakan Kopiah, Tonjolkan Budaya Indonesia di Pelantikan Presiden Korsel

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Handhika Dawangi
Istimewa/tim olly dondokambey
Megawati Soekarnoputri mendapat undangan khusus menghadiri Pelantikan Presiden Korea Selatan, Yook Suk Yeol di Istana Kepresidenan Negeri Ginseng itu, Selasa (10/5/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Megawati Soekarnoputri mendapat undangan khusus menghadiri Pelantikan Presiden Korea Selatan, Yook Suk Yeol di Istana Kepresidenan Negeri Ginseng itu, Selasa (10/5/2022).

Megawati Soekarnoputri Presiden RI ke-V secara khusus didampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Istri Rita Maya Tamuntuan, serta Rokhmin Dahuri Mantan Menteri Kelautan Perikanan dalam kegiatan bersejarah Korsel tersebut.

"Saya dan istri turut menghadiri undangan pelantikan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol bersama Ibu Megawati Soekarnoputri di Seoul, Korea Selatan," tulis Olly Dondokambey di akun media sosialnya, Selasa (10/5/2022).

Olly Dondokambey dan Rita Tamuntuan Dampingi Megawati Soekarnoputri Hadir di Pelantikan Presiden Korsel Selasa (10/5/2022)

Olly Dondokambey dan Rita Tamuntuan Dampingi Megawati Soekarnoputri Hadir di Pelantikan Presiden Korsel Selasa (10/5/2022) (Istimewa/Tim Olly Dondokambey)

Dalam foto dibagikan Olly Dondokambey di laman media sosialnya, Megawati Soekarnoputri tampil dengan pakaian khas Indonesia yakni kebaya berwarna merah dengan motif bordir burung merak, berpadu kain selendang. Putri Proklamator RI itu berjalan sembari memegang tongkat menuju lokasi pelantikan.

Megawati ditemani Rita Tamuntuan yang juga mengenakan pakaian kebaya warna hitam dan selendang bermotif batik

Sementara Olly Dondokambey dan Rokhmin Dahuri mengenakan setelan jas hitam dengan paduan dasi merah.

Tak lupa Gubernur Sulut itu menonjolkan busana identitas Indonesia dengan memakai kopiah warna hitam, sejenis peci yang dipopulerkan Presiden Pertama RI, Ir Soekarno.

Olly Dondokambey dan Rita Tamuntuan Dampingi Megawati Soekarnoputri Hadir di Pelantikan Presiden Korsel Selasa (10/5/2022)

Olly Dondokambey dan Rita Tamuntuan Dampingi Megawati Soekarnoputri Hadir di Pelantikan Presiden Korsel Selasa (10/5/2022) ((Istimewa/Tim Olly Dondokambey))

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP sekaligus Presiden RI Ke-5 bertolak ke Seoul, Seoul, Korea Selatan, Minggu (8/5/2022).

Putri Proklamator RI, Ir Seokarno itu ke Korsel atas undangan khusus menghadiri acara pelantikan Presiden baru Korsel, Yoon Suk Yeol di Istana Kepresidenan Korsel, Selasa (10/5/2022).

Pada malam harinya, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu akan hadir di jamuan makan malam yang disiapkan khusus oleh Presiden Yoon.

Rabu (10/5/2022) Megawati akan kembali ke Istana Kepresidenan Korsel untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Yoon.

Seusai pertemuan itu, Megawati akan langsung berangkat ke Gedung Seoul Institute of the Arts. Sebab di sana, Megawati akan menghadiri upacara penganugerahan gelar profesor kehormatan. dari Seoul Institute of the Arts (SIA).

Untuk diketahui, SIA sebagai pemberi gelar, adalah institusi pendidikan ternama yang sudah berdiri lebih dari 60 tahun. Melahirkan puluhan artis ternama dan berkualitas dari Korea.

Sebut saja Kim Seon Ho, Son Ye Jin, hingga Kim Ha-neul. Atau penyanyi Wooyoung dari Grup 2PM, dan Presenter Yoo Jae-Suk.

Pihak SIA memberi gelar profesor tersebut karena menilai besarnya kontribusi serta komitmen kemanusiaan Megawati memperjuangkan perdamaian di Semenanjung Korea, serta perhatiannya yang begitu besar terhadap demokrasi, lingkungan dan kebudayaan. (ryo)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved