Berita Mitra

Pemkab Minahasa Tenggara Pastikan Ketersediaan dan Stabilitas Harga Pangan

Memang terdapat perbedaan ketersediaan antara di ritel dan di pasar. Misalnya, di beberapa kecamatan untuk stok gula pasir di ritel kosong.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Dinas Ketahanan Pangan yang intens melakukan monitoring dan evaluasi ketersediaan dan harga bahan pangan pokok dan bahan pangan pokok penting lainnya, Rabu (13/4/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terus memperhatikan ketersediaan dan stabilisasi harga pangan.

Itu ditunjukkan Dinas Ketahanan Pangan yang intens melakukan monitoring dan evaluasi ketersediaan dan harga bahan pangan pokok dan bahan pangan pokok penting lainnya, Rabu (13/4/2022).

Adapun evaluasi dan monitoring kali ini dilakukan bersama dengan pihak Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Minahasa Tenggara yang merupakan wadah koordinasi dengan beranggotakan bebagai instansi. 

"Dari hasil monitoring hari ini untuk ketersediaan pangan secara umum masih aman.

Memang terdapat perbedaan ketersediaan antara di ritel dan di pasar. Misalnya, di beberapa kecamatan untuk stok gula pasir di ritel kosong tapi di toko dan pasar ada.

Untuk harga minyak goreng curah yang sebelumnya Rp26 ribu naik menjadi sama dengan minyak goreng kemasan Rp28 ribu per kilo,"ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Aneke Sumendap. 

Enam pasar menjadi target monitoring hari ini, yakni pasar di Kecamatan Ratahan, Ratatotok, Tombatu, Belang, Tombatu Timur dan Kecamatan Pasan.

“Untuk harga memang ada sedikit perbedaan tapi tidak terlalu tinggi.

Sedangkan untuk pekan ini, harga rica dan tomat mengalami kenaikan, tapi untuk ketersediaannya masih aman,” lanjut Mantan Camat Tombatu ini sembari menegaskan bahwa tepung terigu dan gula pasir stoknya kurang.

Selain Rica dan Tomat yang meunjukkan kenaikan harga, untuk kebuthan bahan pokok masih sama dengan pekan lalu.

Beras Rp11 ribu per kilo, bawang merah Rp50 ribu, bawang putih Rp35 ribu, daging ayam Rp 40 ribu dan untuk stok daging sapi dan kedelai masih belum ada.

Untuk komoditi jagung pekan lalu masih Rp6 ribu dan saat ini naik menjadi Rp7 ribu per kilo.

Gibran Wali Kota Solo Mendadak Mau Ikut Demo Penolakan Presiden Tiga Periode,Hanya Gimik

Daftar Harga Cengkih hingga Vanili di Talaud

Sosok Arif Pardiani, Dalang yang Provokasi Massa Hajar Ade Armando, Sampai Sebut Korban Sudah Mati

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved